Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ganti Huruf di WhatsApp Jadi Tebal dan Miring

Kompas.com - 16/09/2017, 19:44 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com — WhatsApp memiliki fitur yang mengubah bentuk huruf dari pesan yang akan dikirim ke rekan atau pengguna lain.

Pengguna WhatsApp bisa melakukan formatting text atau customize format huruf, seperti cetak tebal (bold), miring (italic), dan teks yang dicoret (strikethrough).

Fitur ini sebenarnya sudah dirilis WhatsApp sejak tahun 2016 lalu, namun cukup banyak pengguna yang belum mengetahui cara membuat tulisan miring, tebal, dan coret di WhatsApp.

Baca juga: Cara Backup Chat WhatsApp Agar Tidak Hilang Saat Ganti Ponsel

Ditambah, WhatsApp tidak menyediakan menu atau tombol khusus, layaknya di aplikasi MS Word untuk fitur baru tersebut. Dibutuhkan trik-trik tertentu untuk membuat teks dengan format itu.

Baca juga: Begini Cara Membuat Avatar di Facebook, Sudah Bisa di Indonesia

Berikut cara membuat tulisan tebal, miring, dan coret di WhatsApp.

Cara membuat tulisan tebal di WA

Untuk membuat tulisan tebal di WhatsApp, tambahkan tanda asterik (*) di depan dan belakang teks yang diinginkan, misalnya *Tebal*.

Cara membuat tulisan miring di WA

Untuk membuat tulisan miring (italic) di WhatsApp, tambahkan tanda underscore (_) di depan dan belakang teks yang diinginkan, contohnya _miring_.

Cara membuat tulisan dicoret di WA

Untuk membuat teks di pesan WhatsApp memiliki coretan, tambahkan tanda tilde (~) di depan dan belakang teks yang diinginkan, misalnya ~teks dicoret~.

Pastikan versi WhatsApp yang Anda miliki adalah versi terbaru, minimal 2.12.17 untuk versi iOS dan 2.12.5 untuk versi Android.

Kode ini juga bisa dipakai WhatsApp versi desktop atau WhatsApp Web Client. Namun, format huruf-huruf di atas (bold, italic, dan strikethrough) hanya akan muncul di versi aplikasi mobile.

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com