Harga dan Spesifikasi Mirip, Ini Beda Galaxy A6 dan Galaxy J7 Duo - Kompas.com

Harga dan Spesifikasi Mirip, Ini Beda Galaxy A6 dan Galaxy J7 Duo

Kompas.com - 08/05/2018, 14:23 WIB
Model memamerkan Galaxy A6 (kanan) dan Galaxy A6 Plus dalam acara peluncurannya di Uluwatu, Bali, Senin (6/5/2018).KOMPAS.com/ OIK YUSUF Model memamerkan Galaxy A6 (kanan) dan Galaxy A6 Plus dalam acara peluncurannya di Uluwatu, Bali, Senin (6/5/2018).

ULUWATU, KOMPAS.com - Duo smartphone terbaru Galaxy A6 (2018) dan Galaxy A6 Plus akan mulai dijual di Indonesia pada 3 Juni mendatang. Galaxy A6 dibanderol harga Rp 3,8 juta, sementara Galaxy A6 Plus harganya Rp 4,9 juta.

Harga Galaxy A6 hanya berselisih sedikit dibandingkan Galaxy J7 Duo yang meluncur lebih dulu, dengan banderol harga Rp 3,7 juta pekan lalu. Spesifikasi kedua ponsel ini pun mirip, sama-sama mengandalkan chip Exynos seri 7, CPU octa-core, RAM 3 GB, dan penyimpanan 32 GB.

Walaupun demikian, IM Marketing Director Samsung Electronics Indonesia, Jo Semidang menyakini Galaxy A6 dan Galaxy J7 Duo tak akan bentrok di pasar, lantaran menyasar target konsumen berbeda.

"Memang price range (Galaxy A6) dan Galaxy J7 Duo mirip, tapi message-nya beda," ujar Jo ketika ditemui KompasTekno di sela rangkaian acara peluncuran Galaxy A6 Dan Galaxy A6 Plus di Uluwatu, Bali, Selasa (8/5/2018).

Beda segmen

Galaxy A6, menurut Jo, ditujukan bagi konsumen millenial yang mengutamakan tampilan "keren" dari sebuah smartphone. Karena itu desainnya dibuat mirip dengan produk-produk Samsung yang kelasnya lebih tinggi, macam seri Galaxy A8 dan Galaxy S9.

Baca juga: Sejenak Menggenggam Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus

Sedangkan, untuk Galaxy J7 Duo, target pasarnya juga kalangan millenial, tapi bukan yang mengutamakan gaya, melainkan mereka yang gemar berjualan online seperti lewat media sosial dan e-commerce.

Sebab itulah, lanjut Jo, Samsung mengedepankan hal-hal seperti kualitas kamera dan fitur Signal Max untuk mengoptimalkan penerimaan sinyal seluler agar bisa mengunggah foto di mana pun dan kapanpun.

"Jadi, dari segi passion point,  Galaxy A6 mengedepankan style, sementara Galaxy J7 Duo untuk mereka yang gemar usaha," ujar Jo.

Beda tampilan dan fitur

Dapur pacu Galaxy A6 dan Galaxy J7 Duo terbilang mirip, tapi rancangan fisik kedua ponsel ini berbeda. Galaxy J7 Duo masih menganut desain lama Samsung, dengan tombol home fisik yang merangkap sebagai pemindai sidik jari di bagian depan.

Layar Galaxy J7 Duo yang berukuran 5,5 inci pun masih menganut aspect ratio 16:9.

Samsung Galaxy J7 Duo hadir dengan tiga pilihan warna yakni black, gold dan blue. Ponsel Android ini dibanderol dengan harga Rp 3,7 juta di Indonesia.YUDHA PRATOMO/KOMPAS.com Samsung Galaxy J7 Duo hadir dengan tiga pilihan warna yakni black, gold dan blue. Ponsel Android ini dibanderol dengan harga Rp 3,7 juta di Indonesia.
Beda halnya dengan Galaxy A6 yang bertampang mirip Galaxy S8 dan S9. Layar perangkat ini (5,6 inci) sudah menerapkan konsep Infinity Display ala Samsung dengan aspect ratio 18,5:9 yang lebih kekinian.

Tombol home dipensiunkan dan diganti dengan virtual button yang menyatu dengan tampilan antarmuka OS. Sementara fingerprint scanner dipindah ke punggung.

Galaxy A6 memiliki kamera tunggal dengan resolusi 16 megapiksel (f/1.7) dan kamera depan 16 megapiksel (f/1.9). Ponsel ini juga dibekali dengan teknologi AI Bixby Vision yang bisa mengenali obyek lewat kamera sekaligus menerjemahkan teks.

Galaxy J7 Duo dibekali kamera ganda dengan resolusi 13 megapiksel (f/1.9) dan 5 megapiksel untuk menghasilkan efek background blur (bokeh). Kamera depannya memiliki resolusi 8 megapiksel (f/1.9).

Baca juga: Menjajal Galaxy J7 Duo, Penerus J7 Plus Berbanderol Murah

Dapur pacu kedua ponsel sedikit berbeda. Galaxy J7 Duo dibekali chip octa-core Exynos 7885, RAM 3 GB, dan storage 32 GB. Galaxy A6 juga memiliki kapasitas RAM dan storage yang sama, tapi dengan "otak" Exynos 7870.

Untuk ketersedian di pasar, Galaxy J7 Duo sudah mulai dijual eksklusif di e-commerce Blibli hingga 9 Mei 2918, sementara Galaxy A6 baru akan hadir pada 3 Juni 2018 mendatang.


Komentar
Close Ads X