Daftar Smartphone yang Pertama Kebagian Android P, Bukan Cuma Pixel

Kompas.com - 09/05/2018, 11:01 WIB
Android PAndroid Central Android P

KOMPAS.com - Google telah merilis versi beta dari Android 9 yang masih diberi inisial "P". Perilisan Android versi terbaru ini memang belum bisa digunakan untuk pengguna perangkat Android sehari-hari.

Namun bagi pengembang (developer), versi beta ini sudah bisa diuji coba dulu di perangkat Android dengan mengunduh pratinjaunya di tautan ini.

Pratinjau tersebut telah disertai dengan software development kit (SDK) dengan sistem gambar, khusus bagi ponsel Pixel, Pixel XL, PIxel 2, Pixel 2 XL, dan Android Emulator.

Selain smartphone Pixel, Android P beta juga tersedia di smartphone pabrikan non-Google yakni Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Nokia 7 Plus, Oppo R15, Vivo X21, OnePlus 6 yang baru akan dirilis, dan Essential PH-1.

Cara menginstal Android P beta

Pada ponsel Pixel, proses penginstalan Android P beta bisa dilakukan dengan mengikuti tutorial dari situs Android Beta Program  ini.

Sebelum menginstal, pastikan untuk menggunakan akun yang sama saat masuk ke Google dan ponsel Pixel yang digunakan. Setelah masuk ke Google, pengguna akan mendapat pemberitahuan jika pembaruan telah tersedia.

Bagi ponsel non-pabrikan Google, cara penginstalan tak semudah di ponsel Pixel. Tidak ada instalasi over-the-air (OTA), pengguna harus melakukan flash perangkat dengan versi beta dari sistem operasi.

Perlu diiingat jika selalu ada risiko saat melakukan flash ke sistem operasi yang baru. Namun risiko yang fatal bisa dihindari dengan mengikuti instruksi yang tertera di masing-masing situs pengembang smartphone.

Jika terjadi masalah yang cukup fatal, sistem bisa dikembalikan ke Androiod Oreo.

Usung 3 tema utama

Dalam agenda Google's I/O 2018, Vice President of Engineering Android, Dave Burke mengatakan jika ada tiga tema yang dibawa Android P.

Ketiganya adalah intelligence (kecerdasan), simplicity (kemudahan), dan digital well-being (kesejahteraan digital).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X