Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Google Bantu Tunanetra "Melihat" Lewat Suara

Kompas.com - 10/05/2018, 17:07 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Google tengah mengembangkan aplikasi yang dapat membantu tunanetra untuk hidup lebih mandiri. Raksasa teknologi ini mengatakan bahwa aplikasi bernama Lookout tersebut bakal dirilis pada tahun ini.

Lookout sejatinya adalah aplikasi navigasi yang dapat mendeteksi objek-objek di sekitar. Kemudian aplikasi ini menerjemahkan objek tersebut menjadi narasi suara untuk pengguna tunanetra.

Misalnya, ketika pengguna berjalan dan di hadapannya ada objek yang menghalangi, aplikasi ini akan mendeteksi apa objek tersebut dan menginformasikannya pada pengguna dalam bentuk suara. Contohnya "Ada sebuah kursi di arah jam 12".

"Lookout memberikan notifikasi lisan dan dirancang untuk tunanetra agar tetap bisa beraktivitas seperti biasa," tulis Product Manager Google Central Accessibility Team, Patrick Clary dalam blog resminya.

Baca juga: Microsoft Ingin Bantu Difabel Pakai Kecerdasan Buatan

Dikutip KompasTekno dari Cnet, Kamis (10/5/2018), aplikasi ini bakal memiliki beberapa mode berdasarkan aktivitas pengguna yakni Home, Work & Play, Scan dan Experimental.

Pada mode Home, menurut Patrick, aplikasi ini akan dapat memberitahu pengguna tentang lokasi atau letak perabotan mereka berada. Sedangkan pada mode Work & Play, aplikasi ini akan menginformasikan benda-benda apa saja di sekitar pengguna yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan mereka.

Pada mode Scan, Lookout dapat menerjemahkan teks yang dipindai ke dalam bentuk narasi suara. Jadi pengguna seolah-olah bisa membaca teks tersebut.

Kemudian pada mode Experimental, aplikasi ini akan menggunakan kecerdasan buatan untuk mencari tahu apa saja yang dianggap pengguna tunanetra penting dan patut didengar. Jadi, semakin banyak orang menggunakannya, semakin baik fitur ini akan berkembang.

Kendati demikian Google tak menyebutkan tanggal pasti aplikasi ini bakal dirilis. Tapi aplikasi ini prediksi akan hadir di Play Store dan App Store pada akhir tahun 2018 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com