Apple Mulai Produksi Chip A12 untuk iPhone Baru - Kompas.com

Apple Mulai Produksi Chip A12 untuk iPhone Baru

Kompas.com - 24/05/2018, 10:48 WIB
Logo Apple terpampang di tepi gedung Apple Store Union Square, San Francisco, Amerika Serikat.Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Logo Apple terpampang di tepi gedung Apple Store Union Square, San Francisco, Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Apple dikabarkan sudah mulai meminta salah satu pemasoknya, yakni Taiwan Semiconductor Manufacture Company (TSMC), agar mulai mengerjakan produksi massal chipset A12. Ini merupakan chip yang bakal di pakai di iPhone edisi 2018.

Desas-desus yang selama ini beredar memang sudah menyebutkan bahwa Apple bakal meluncurkan tiga iPhone baru pada musim gugur tahun ini.

Pertama adalah pembaruan iPhone X, sebuah iPhone ukuran Plus, serta iPhone murah yang memiliki layar berukuran 6,1 inci.

Jika kabar mengenai pembuatan chip tersebut benar, bisa jadi Apple memang akan menyematkannya ke dalam tiga iPhone baru itu.

Informasi yang dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (24/5/2018), menyebutkan bahwa chip yang sedang diproduksi TSMC bakal dibuat menggunakan teknologi pemrosesan 7 nanometer terbaru.

Bila informasi itu tepat, maka Apple bakal jadi perusahaan gadget pertama yang mengadopsi teknologi pemrosesan tersebut. Apalagi saat ini belum ada chip yang dibuat memakai teknologi pemrosesan 7 nanometer.

Chip tercanggih yang ada saat ini antara lain Apple A11 Bionic dan Qualcomm Snapdragon 845. Semuanya masih dibuat menggunakan teknologi pemrosesan 10 nanometer.

Untuk diketahui, istilah 7 nanometer dan 10 nanometer mengacu pada kepadatan sebuah transistor di dalam chip. Spesifikasi rincinya sebenarnya berbeda-beda, tergantung pada perusahaan yang membuatnya.

Semakin kecil teknologi pemrosesan yang dipakai, maka ukuran chip juga ikut mengecil. Selain itu kecepatan pemrosesan meningkat, konsumsi daya lebih rendah, serta bisa juga mengarah pada penghematan biaya produksi.

Selain TSMC, Samsung juga diketahui telah mengumumkan kesiapannya untuk mulai memproduksi chip 7 nanometer tahun depan.

Baca juga: Apple Tuntut Ganti Rugi Rp 14 Triliun ke Samsung


Komentar
Close Ads X