Ada Fitur Penting di Sisi Kiri dan Kanan "Notch" Oppo F7

Kompas.com - 13/06/2018, 19:25 WIB
Tampak depan Oppo F7 warna Diamond Black. KOMPAS.com/ OIK YUSUFTampak depan Oppo F7 warna Diamond Black.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Oppo F7 merupakan salah satu smartphone Android yang mengusung elemen desain baru berupa poni (notch), yakni takik kecil yang menjorok ke dalam layar di bagian atas ponsel.

Sisi area layar di sisi kanan dan kiri notch ini ternyata tak dibiarkan kosong oleh Oppo. Area tersebut dipakai untuk menampilkan indikator sinyal, baterai, jam, dan notifikasi saat ponsel dipakai dalam orientasi portrait (vertikal).

Saat pengguna menggunakan ponsel dalam orientasi landscape (horizontal), fungsi di area tersebut ternyata berbeda. Misalnya ketika menonton video atau bermain game, area di sisi notch digunakan untuk menampilkan fitur lain, yakni Full Screen Multitasking.

Caranya, aktifkan dulu fitur full screen multitasking di dalam menu Settings > Smart & Convenient seperti gambar di samping.

Di bawah slider untuk mengaktifkan Full Screen Multitasking terdapat dua menu lain, yakni Quick Apps dan Quick Functions.

Menu Full Screen Multitasking di Oppo F7, berikut pilihan Quick Apps dan Quick Functions yang bisa ditampilkan di sisi notch. Oppo Menu Full Screen Multitasking di Oppo F7, berikut pilihan Quick Apps dan Quick Functions yang bisa ditampilkan di sisi notch.

Quick Apps

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Quick Apps berisi pilihan shortcut aplikasi floating yang bisa ditampilkan di sisi kanan notch (atau sisi atas, ketika ponsel berada dalam orientasi landscape).

Aplikasi  yang bisa digunakan untuk keperluan ini bakal ditampilkan di dalam menu Quick Apps. Jenisnya berupa aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, WeChat, dan Messenger.

Nah, ketika pengguna sedang menonton video atau bermain game, aplikasi tadi bisa dijalankan dengan menekan tombol shortcut di sisi kanan notch.

Aplikasi akan berjalan secara floating alias di dalam jendela kecil yang terbuka di atas aplikasi video (YouTube) atau game tadi.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.