Ada Fitur Penting di Sisi Kiri dan Kanan "Notch" Oppo F7 - Kompas.com

Ada Fitur Penting di Sisi Kiri dan Kanan "Notch" Oppo F7

Kompas.com - 13/06/2018, 19:25 WIB
Tampak depan Oppo F7 warna Diamond Black.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampak depan Oppo F7 warna Diamond Black.

KOMPAS.com - Oppo F7 merupakan salah satu smartphone Android yang mengusung elemen desain baru berupa poni (notch), yakni takik kecil yang menjorok ke dalam layar di bagian atas ponsel.

Sisi area layar di sisi kanan dan kiri notch ini ternyata tak dibiarkan kosong oleh Oppo. Area tersebut dipakai untuk menampilkan indikator sinyal, baterai, jam, dan notifikasi saat ponsel dipakai dalam orientasi portrait (vertikal).

Saat pengguna menggunakan ponsel dalam orientasi landscape (horizontal), fungsi di area tersebut ternyata berbeda. Misalnya ketika menonton video atau bermain game, area di sisi notch digunakan untuk menampilkan fitur lain, yakni Full Screen Multitasking.

Caranya, aktifkan dulu fitur full screen multitasking di dalam menu Settings > Smart & Convenient seperti gambar di samping.

Di bawah slider untuk mengaktifkan Full Screen Multitasking terdapat dua menu lain, yakni Quick Apps dan Quick Functions.

Menu Full Screen Multitasking di Oppo F7, berikut pilihan Quick Apps dan Quick Functions yang bisa ditampilkan di sisi notch. Oppo Menu Full Screen Multitasking di Oppo F7, berikut pilihan Quick Apps dan Quick Functions yang bisa ditampilkan di sisi notch.

Quick Apps

Quick Apps berisi pilihan shortcut aplikasi floating yang bisa ditampilkan di sisi kanan notch (atau sisi atas, ketika ponsel berada dalam orientasi landscape).

Aplikasi  yang bisa digunakan untuk keperluan ini bakal ditampilkan di dalam menu Quick Apps. Jenisnya berupa aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, WeChat, dan Messenger.

Nah, ketika pengguna sedang menonton video atau bermain game, aplikasi tadi bisa dijalankan dengan menekan tombol shortcut di sisi kanan notch.

Aplikasi akan berjalan secara floating alias di dalam jendela kecil yang terbuka di atas aplikasi video (YouTube) atau game tadi.

Sebuah keyboard virtual yang juga berupa aplikasi floating akan turut ditampilkan sehingga pengguna bisa mengetik pesan tanpa perlu menutup aplikasi video atau game yang sedang dijalankan.

Tampilan jendela dan keyboard floating saat Oppo F7 menjalankan Full Screen Multitasking. Aplikasi game tetap berjalan di balik window apliaksi floating. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampilan jendela dan keyboard floating saat Oppo F7 menjalankan Full Screen Multitasking. Aplikasi game tetap berjalan di balik window apliaksi floating.

Keyboard virtual hanya akan ditampilkan dalam jendela floating yang posisinya bisa digeser-geser sesuai kehendak apabila pengguna memilih aplikasi keyboard bawaan Oppo F7 sebagai pilihan default.

Apabila aplikasi lain yang dipilih, misalnya Gboard dari Google, keyboard akan ditamplkan secara pop up dari bawah layar seperti biasa.

Setelah selesai mengetik pesan, pengguna bisa langsung mengirimnya dengan menekan tombol Send dan menutup jendela floating aplikasi yang bersangkutan, untuk kembali menonton video atau bermain game.

Quick Functions

Di sisi kiri notch (atau sisi bawah, ketika ponsel digunakan dalam orientasi landscape), apabila Full Screen Multitasking diaktifkan, Oppo F7 akan menampilkan deretan Quick Functions.

Ada tiga fungsi yang bisa langsung diakses lewat Quick Functions ini, yakni Capture Screen, Record Screen, dan Block Notifications.

Sesuai dengan namanya, tombol Capture Screen akan merekam tampilan layar saat itu (screenshot) sebagai file gambar.

Sementara, Record Screen akan merekam aktivitas layar ponsel sebagai file video. Saat pengguna memilih Record Screen, Oppo F7 akan menampilkan tombol tambahan untuk merekam layar di sisi kanan.

Begitu perekaman dimulai, tombol record screen ini akan berubah menjadi tombol Stop untuk menghentikan aktivitas merekam di saat yang dikehendaki pengguna.

Record Screen bisa dipakai untuk merekam aktivitas layar di berbagai situasi, termasuk saat sedang bermain game.

Lalu, untuk Block Notifications, saat diaktifkan, fitur ini akan membuat notifikasi yang diterima aplikasi Quick Apps tidak ditampilkan di layar sehingga tak mengganggu pengguna saat menonton video atau bermain game.

Tombol Block Notifications akan berubah warna menjadi merah apabila pemblokiran notifikasi sedang diaktifkan.

Saat Block Notifications dimatikan, notifikasi akan kembali ditampilkan di sisi atas layar dan bisa disentuh untuk langsung membalas pesan lewat jendela floating Quick Apps aplikasi yang bersangkutan.



Close Ads X