Microsoft Akuisisi Flipgrid, Layanan Video Khusus Pendidikan

Kompas.com - 19/06/2018, 10:37 WIB
Flipgrid FlipgridFlipgrid

KOMPAS.com - Microsoft semakin fokus memanfaatkan teknologi untuk kepentingan pendidikan. Raksasa software tersebut baru saja mencaplok “Flipgrid”, yakni layanan berbasis video untuk mempermudah sistem belajar-mengajar secara kelompok maupun individu.

Flipgrid memungkinkan pengguna membuat dan membagikan video edukasi secara publik maupun privat dari perangkat iOS atau Android.

Dengan akuisisi oleh Microsoft, layanan ini akan tetap mendukung Android, iOS, ditambah ekosistem mitra Miscrosoft.

Hingga kini, belum diumbar berapa nilai akuisisi yang digelontorkan Microsoft. Hanya saja, perusahaan yang didirikan Bill Gates itu memiliki visi yang terbilang mulia.

Microsoft berencana membuka akses Flipgrid secara gratis untuk sekolah. Syaratnya, para siswa dan guru harus memiliki alamat edukasi yang terverifikasi, sama seperti syarat akses gratis layanan “Office 365 Education”.

Baca juga: 10 Fakta di Balik Akuisisi GitHub oleh Microsoft

Saat ini Flipgrid mematok tarif langganan dengan beragam jenis akses, mulai dari 65 dollar AS (Rp 915.000-an) hingga 1.000 dollar AS (Rp 14 jutaan) per tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan rencana penggratisan oleh Microsoft, para pelanggan yang telah membayar iuran selama setahun bakal dikembalikan duitnya secara proporsional, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (19/6/2018), dari ZDNet.

Kondisi sekarang, Flipgrid memiliki 20 juta pengguna yang merupakan guru, siswa, dan keluarga, di 180 negara. Angka itu dicapai dalam tiga tahun operasionalnya sejak 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.