Streaming dan Google Maps Sumbang Peningkatan Trafik Lebaran XL Axiata

Kompas.com - 20/06/2018, 13:52 WIB
Ilustrasi XL AxiataIlustrasi

KOMPAS.com - XL Axiata mencatat trafik internet di jaringannya dalam periode lebaran (8-17 Juni 2018) meningkat signifikan, yakni mencapai 30 persen lebih tinggi dibanding hari-hari biasa. Beberapa penyebabnya adalah akses terhadap layanan streaming dan Google Maps.

Rinciannya, peningkatan trafik internet karena streaming (video dan musik) mencapai 47 persen. Selain itu, secara berurutan terjadi peningkatan akses web hingga 16 persen, pesan instan hingga 13 persen, dan media sosial 12 persen.

Hal yang menarik, sepanjang periode 10 hari itu juga terjadi peningkatan signifikan pada akses ke layanan penunjuk rute jalan seperti Waze dan Google Map. Adapun peningkatan akses tersebut masing-masing 55 persen dan 135 persen.

"Ini karena semakin banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan pulang kampung mendorong pemanfaatan peta jalan darat digital yang kini semakin mudah diakses melalui smartphone," ujar Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya melalui keterangan resmi pada KompasTekno, Rabu (20/6/2018).

Dia menambahkan kenaikan trafik data di Lebaran kali ini merupakan kelanjutan dari trend kenaikan data dalam beberapa tahun terakhir di momen yang sama.

Masyarakat dan pelanggan semakin nyaman menggunakan layanan data untuk mendukung berbagai aktivitas mereka selama libur Lebaran, termasuk saat bersilaturahmi, perjalanan mudik dan kembali lagi ke kota asal, serta berbagai kabar melalu media sosial. Selain itu, kenaikan trafik juga tidak terlepas dari terus bertambahnya pengguna layanan data.

“Lebaran memang selalu menjadi momen yang krusial bagi kami sebagai penyedia layanan data dan telekomunikasi. Puluhan juta pelanggan kami mengharapkan bisa menggunakan layanan XL Axiata secara maksimal. Prioritas utama kami adalah memastikan kenyamanan pelanggan, tidak hanya di jalur mudik saja tapi juga di berbagai titik berkumpulnya keramaian. Kami bersyukur bisa memberikan layanan secara maksimal selama Lebaran ini," imbuh Yessie.

Sebelum lebaran 2018, XL Axiata antara lain telah melakukan penambahan sebanyak 8.500 BTS 3G/4G baru. Selain itu, ada juga peningkatan kapasitas transmisi upstream internet menjadi 1000 Gbps atau 3x lipat dibandingkan kapasitas pada lebaran 2017.

Kemudian perusahaan melakukan penignkatan kapasitas transmisi backbone antarpulau sebesar juga ditingkatkan menjadi 460 Gbps; serta optimisasi dan rebalancing jaringan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, dengan total 344 titik lokasi.

Tahun ini, lebih dari 97 persen area sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya, sudah terlayani dengan jaringan 4G LTE. Sementara itu untuk jalan raya non tol pantai utara Jawa dari Jakarta hingga Surabaya telah ter-cover layanan 4G LTE hingga sekitar 95 persen, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90 persen. Demikian pula jalur Kereta Api Jakarta – Surabaya 90 persen terlayani 4G LTE.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X