Setelah 7 Tahun, Perang Paten Apple dan Samsung Berakhir - Kompas.com

Setelah 7 Tahun, Perang Paten Apple dan Samsung Berakhir

Kompas.com - 28/06/2018, 12:26 WIB
Ilustrasi Samsung vs Apple.Istimewa Ilustrasi Samsung vs Apple.

KOMPAS.com - Setelah tujuh tahun saling tuding soal paten, Apple dan Samsung akhirnya sepakat mengambil jalan tengah. Hal tersebut diungkap Hakim Lucy Koh pasca memimpin sidang terbaru, Rabu (27/6/2018) waktu setempat.

Kendati demikian, Lucy Koh enggan mengungkap seperti apa kesepakatan dua raksasa teknologi tersebut. Apple dan Samsung juga enggan melontarkan pernyataan.

Perang paten antara Apple dan Samsung dimulai pada 2011 lalu, di mana sang produsen iPhone menuntut duit 1 miliar dollar AS (Rp 14,2 triliun) ke produsen lini Galaxy S dan Note.

Tak terima, Samsung pun menyiapkan amunisi untuk mengajukan banding selama tujuh tahun terakhir. Apple pantang ciut dan terus melawan Samsung dengan tuntutan bertubi-tubi.

Menurut dokumen Apple, ada beberapa paten teknis dan desain iPhone yang dicaplok Samsung tanpa izin. Misalnya saja fungsi dasar smartphone untuk fungsi zoom dengan menekan layar.

Baca: Bunga Matahari Jadi Bukti Kuat Samsung Jiplak Apple?

Dari angka tuntutan awal 1 miliar dollar AS, lama-kelamaan nominalnya turun. Putusan sidang pada Mei 2018 merujuk pada angka 539 juta dollar AS (Rp 7,7 triliun) yang harus dibayar Samsung ke Apple.

Kala itu, Apple mengaku senang dengan putusan hakim. Menurut juru bicaranya, tim Apple selalu menciptakan inovasi produk untuk memuaskan pasar.

“Kasus ini lebih dari sekadar uang. Apple selalu membawa revolusi pada produk iPhone dan faktanya Samsung seenaknya menjiplak. Penting bagi kami untuk melindungi kerja keras dan inovasi tim Apple,” kata juru bicara Apple, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (28/6/2018), dari TheVerge.

Beberapa pekan pasca putusan dikeluarkan, Samsung menyatakan menolaknya dan mengajak berunding kembali. Pabrikan Korea Selatan itu juga menuntut pembayaran kembali senilai 145 juta dollar AS (Rp 2 triliun) untuk kasus paten berbeda.

Baca: Apple Beberkan Usaha Samsung Meniru iPhone

Dengan ini, perseturuan selama hampir satu dekade akhirnya sampai pada titik akhir. Berapa harga yang disepakati keduanya? Kita tunggu saja hingga pengumuman resminya.

Baca juga: Perang Paten, 10 Rahasia Apple-Samsung Terungkap



Close Ads X