Cerita Apple dan Samsung Bersidang 7 Tahun Ributkan Paten

Kompas.com - 29/06/2018, 19:11 WIB
Logo Apple terpampang di tepi gedung Apple Store Union Square, San Francisco, Amerika Serikat. Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comLogo Apple terpampang di tepi gedung Apple Store Union Square, San Francisco, Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Apple dan Samsung akhirnya sepakat untuk mengakhiri perang paten yang telah terjadi selama 7 tahun belakangan ini. Perang paten tersebut bermula dari tudingan Apple bahwa Samsung telah mencontek sejumlah teknologi yang dipasang di iPhone.

Berakhirnya perang paten tersebut diketahui dari pengajuan dokumen ke pengadilan di Amerika Serikat. Hakim Lucy Koh, yang menangani masalah perang paten kedua raksasa teknologi itu, mengatakan bahwa dokumen itu menginformasikan bahwa kedua perusahaan telah sama-sama sepakat untuk menutup kasusnya.

Tetapi, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (29/6/2018), keduany perusahaan tidak mengizinkan alasan penyelesaian perselisihan itu diungkap ke publik.  Kemungkinan besar penyelesaian itu dicapai bukan karena masalah uang, apalagi mengingat nilai yang selama ini dinegosiasikan tidak substansial bagi masing-masing perusahaan.

Bermula sejak 2011

Sebelumnya, perang paten antara Apple dan Samsung dimulai pada 2011 atau 7 tahun silam. Pada tahap ini Apple mengajukan gugatan dan meminta ganti rugi senilai 1 miliar dollar AS atau setara Rp 14 triliun.

Baca juga: Bos Apple Tak Mau Pengguna Terlalu Sibuk dengan iPhone

Gugatan toh tidak berakhir di situ. Perusahaan yang digugat terus mengajukan banding, lalu kedua perusahaan sama-sama saling menodongkan berbagai paten yang telah dilanggar.

Secara garis besar, pelanggaran tersebut terkait dengan beberapa paten desain dan utilitas yang merupakan fungsi dasar sebuah smartphone. Misalnya teknologi tap untuk melakukan zoom, slide untuk membuka kunci, serta grid atau kotak-kotak aplikasi di Home Screen.

Walau masalah itu dibumbui dengan berbagai komponen kecil serta spesifik yang menjadi teknologi dasar pada smartphone, perang yang terjadi sebenarnya hanya soal mencari jawaban apakah Samsung mencontek iPhone demi mendapatkan keuntungan dagang.

Pada satu tahap, pengadilan pun memutuskan bahwa Samsung memang mencontek Apple dalam sejumlah hal.

Sepakat hentikan pertikaian

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.