Instagram Akhiri Perdebatan Fitur "Question", Bertanya atau Ditanya? - Kompas.com

Instagram Akhiri Perdebatan Fitur "Question", Bertanya atau Ditanya?

Kompas.com - 11/07/2018, 10:02 WIB
Fitur Question di InstagramThe Verge Fitur Question di Instagram

KOMPAS.com - Terjadi silang pendapat di antara netizen ketika Instagram merilis fitur baru bernama "question". Ada yang beranggapan fitur ini digunakan untuk bertanya apa ditanya?

Sebagian pengguna berpendapat fitur ini dipakai untuk bertanya ke followers-nya, ada juga yang berargumen fitur ini diberikan agar followers lah yang bisa bertanya ke pemilik akun.

Perdebatan ini sepertinya harus berakhir. Pasalnya lewat blog resminya, Instagram memberikan klarifikasi dan penjelasan soal fungsi sesungguhnya dari fitur "question" tersebut.

Dikutip KompasTekno dari blog Instagram, Rabu (11/7/2018), fitur ini ternyata memang dibuat agar followers alias pengikut bisa bertanya kepada pemilik akun. Setelah itu, si pemilik akun tersebut bisa menjawab pertanyaan tersebut dan langsung dipublikasikan pada postingan Instagram Stories berikutnya.

"Hari ini kami memperkenalkan fitur stiker pertanyaan interaktif di Instagram Stories yang memungkinkan teman Anda mengajukan pertanyaan untuk Anda jawab. Ini adalah cara baru yang menyenangkan untuk memulai percakapan dengan teman-teman Anda sehingga Anda dapat saling mengenal satu sama lain dengan lebih baik," tulis Instagram.

"Anda akan dapat melihat respons teman-teman Anda. Ketuk setiap pertanyaan untuk membuat Insta Stories baru, di mana Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut," lanjutnya.

Fitur "question" ini hanya akan Anda temukan jika Anda akan membuat sebuah postingan baru untuk Insta Stories.

Untuk membuat kolom tanya-jawab ini caranya sederhana. Pertama, pastikan Instagram Anda sudah diperbarui lewat Play Store maupun App Store. Kemudian siapkan foto yang akan diunggah di Insta Stories.

Baca juga: Cara Bikin Posting Pertanyaan di Instagram Stories

Setelah foto dipilih, maka akan muncul opsi berupa ikon stiker (kotak tersenyum) pada bagian atas. Opsi ini juga sama dengan pilihan untuk memunculkan fitur polling dan lokasi. Jika ikon tersebut disentuh, maka akan muncul banyak pilihan fitur. Untuk fitur tanya-jawab maka pilih opsi "Question".

Fitur baru Instagarm ini memang hangat diperbincangkan di dunia maya, khususnya di linimasa Twitter. Sampai-sampai seorang pengguna Twitter mencoba menjelaskan fungsi sebenarnya dari fitur ini dan ia berargumen bahwa fitur "question" digunakan agar pemilik akun bisa bertanya pada followers, yang malah terbukti keliru.

Dari situlah kemudian netizen seolah terbagi menjadi dua kubu. Namun dengan penjelasan langsung dari pihak Instagram ini, kini netizen harus mengakhiri perdebatan mereka.

Meski demikian, fitur anyar Instagram ini tentu dapat digunakan sesuka kita dan sekreatif mungkin. Bahkan sah-sah saja jika fitur tersebut kita gunakan untuk memposting sebuah pertanyaan. Bergantung kreativitas dan cara penggunaan masing-masing.

Jadi, tidak perlu diperdebatkan lagi ya, Netizen.



Close Ads X