Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Posting Pertanyaan di Instagram Stories

Kompas.com - 28/06/2018, 14:39 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram sepertinya ingin terus memanjakan pengguna dengan beragam fitur yang diberikan. Setelah merilis IGTV dan video chat, Instagram punya fitur tanya-jawab serupa AskFM. 

Lewat fitur ini, pengguna bisa menyediakan kolom pertanyaan yang dapat diunggah lewat Instagram Stories. Pada kolom inilah pengguna lain bisa melontarkan pertanyaan pada si pemilik akun.

Pertanyaan-pertanyaan ini kemudian bisa ditampung dan dijawab oleh pemilik akun lewat unggahan Instagram Stories berikutnya. Fitur ini memang memberikan kemudahan untuk akun-akun yang biasa berinteraksi dengan para pengikut.

Biasanya untuk melakukan tanya jawab seperti ini, pemilik akun perlu men-screenshot terlebih dahulu pertanyaan yang masuk pada Direct Message mereka. Kemudian hasil tangkapan layar itu diunggah lewat Insta Stories beserta jawaban yang diberikan.

Baca juga: Instagram Lite Sedang Diuji, Menyasar Android Low-end

Cara ini memang cukup membuat repot, sehingga dengan adanya fitur tanya-jawab ini bisa membuat interaksi pemilik akun dan followers jadi lebih mudah.

Cara membuat pertanyaan

Untuk membuat kolom tanya-jawab ini pun caranya sederhana. Pertama, pastikan Instagram Anda sudah diperbarui lewat Play Store maupun App Store. Kemudian siapkan foto yang akan diunggah di Insta Stories.

Setelah foto dipilih, maka akan muncul opsi berupa ikon stiker (kotak tersenyum) pada bagian atas. Opsi ini juga sama dengan pilihan untuk memunculkan fitur polling dan lokasi.

Jika ikon tersebut disentuh, maka akan muncul banyak pilihan fitur. Untuk fitur tanya-jawab maka pilih opsi "Question".

Fitur Question di Instagram memungkinkan pengguna berinteraksi lewat tanya-jawab.yudha pratomo/KOMPAS.com Fitur Question di Instagram memungkinkan pengguna berinteraksi lewat tanya-jawab.

Setelah itu, kolom pertanyaan akan muncul. Anda tinggal mengisi seruan atau ajakan untuk memberi pertanyaan pada Anda. Jika ada pertanyaan yang masuk Anda bisa melihatnya dengan menggeser layar ke atas, serupa dengan cara mengecek siapa saja yang telah melihat Stories yang diunggah.

Untuk membalasnya pertanyaan pun sangat simpel. Anda tinggal memilih pertanyaan mana yang akan Anda jawab. Secara otomatis jawaban tersebut akan menjadi unggahan Insta Stories berikutnya.

Fitur Question di Instagram. yudha pratomo/KOMPAS.com Fitur Question di Instagram.

Perlu diketahui fitur ini belum tersebar secara merata untuk seluruh akun. Saat KompasTekno mencoba fitur ini pada dua akun yang berbeda, salah satu akun belum mendapat pembaruan ini, meski aplikasi telah diperbarui.

Kendati begitu, fitur ini tentu akan semakin meramaikan lini masa Insta Stories Anda. Apalagi jika Anda memiliki banyak pengikut dan ingin terus berinteraksi dengan pengikut Anda.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com