Peretas Curi Data Kesehatan Perdana Menteri Singapura

Kompas.com - 23/07/2018, 10:33 WIB
PM Singapura, Lee Hsien Loong. AFP/ROSLAN RAHMANPM Singapura, Lee Hsien Loong.

KOMPAS.com - Singapura terkena serangan siber (cyberattack) yang cukup signifikan. Sebanyak 1,5 juta data kesehatan penduduk diretas oleh oknum tak bertanggung jawab.

Salah satunya adalah data kesehatan Perdana Menteri Lee Hsien Loong. Hal tersebut dikonfirmasi oleh pemerintah Singapura, sembari menobatkan cyberattack kali ini sebagai yang paling besar dan serius.

“Investigasi dari Cyber Security Agency of Singapore (CSA) dan Integrated Health Information System (IHiS) mengonfirmasi bahwa serangan ini direncanakan dengan baik dan memiliki sasaran khusus,” kata juru bicara pemerintah.

“Penyerang secara spesifik dan berulang menargetkan informasi personal tentang rekam kesehatan rawat jalan dan obat-obatan yang dikonsumsi Perdana Menteri Lee Hsien Loong,” ia menambahkan.

Dalam laman Facebook personalnya, Perdana Menteri Lee Hsien Loong mengatakan tak tahu apa yang diincar peretas dari rekam jejak kesehatannya. Menurut dia, tak ada yang berbahaya dari data kesehatannya.

“Data medis saya tak akan saya beritahu secara kasual ke orang-orang, tetapi tak ada yang menggelisahkan dari data itu,” ia menjelaskan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (23/7/2018), dari Reuters.

Hingga kini investigasi masih terus berlanjut untuk mencari pelaku di balik peretasan besar-besaran ini. Peristiwa ini sekaligus dijadikan pelajaran untuk memperkuat sistem keamanan Singapura.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berkat kejadian ini, Menteri Komunikasi Singapura bahkan telah membentuk komite khusus untuk memperkuat sistem pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.