Kamera Smartphone Kini Tembus 48 Megapiksel, Buatan Sony

Kompas.com - 24/07/2018, 11:12 WIB
Ilustrasi sensor kamera smartphone Sony. SonyIlustrasi sensor kamera smartphone Sony.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Perlombaan megapiksel agaknya masih belum usai di ranah smartphone. Sony, pabrikan sensor kamera terbesar, pekan ini baru saja memperkenalkan sensor kamera baru dengan resolusi mencapai 48 megapiksel (8.000 x 6.000, aspect ratio 4:3).

Sensor bernama IMX586 tersebut diklaim memiliki "jumlah pixel terbanyak", bahkan mengalahkan resolusi sensor kamera mirrorless full-frame A7R Mark III bikinan Sony sendiri yang sebesar 42 megapiksel.

Namun, karena dimaksudkan untuk smartphone, ukuran fisik dan tiap fotodioda (pixel) pada IMX586 jauh lebih kecil dibandingkan sensor kelas DSLR atau mirrorless.

Tiap fotodioda berukuran 0,8 mikron sehingga ke-48 juta pixel itu bisa dimampatkan dalam sensor berukuran 1/2 inci (diagonal 8mm).

Seperti tampak dalam ilustrasi gambar di bawah, IMX586 diklaim sanggup menangkap gambar lebih tajam dibandingkan sensor kamera smartphone konvensional beresolusi 12 megapiksel.

Perbandingan ketajaman sensor kamera smartphone 48 megapiksel Sony IMX586 dibandingkan sensor 12 megapiksel konvensional.Sony Perbandingan ketajaman sensor kamera smartphone 48 megapiksel Sony IMX586 dibandingkan sensor 12 megapiksel konvensional.

Resolusi tinggi dan ukuran pixel nan mungil biasanya identik dengan hasil jepretan low-light yang buruk karena tiap fotodioda hanya memiliki area kecil untuk menangkap cahaya.

Namun, seperti dirangkum KompsTekno dari Engadget, Selasa (24/7/2018), Sony turut mengklaim bahwa IMX586 mampu menghasilkan foto bagus dalam kondisi kurang cahaya sekalipun.

Ini karena sang sensor menggunakan filter warna Quad Bayer yang bisa menggabungkan empat piksel mejadi satu. Resolusinya akan diturunkan menjadi 12 megapiksel (48 dibagi 4), tapi jepretan low-light IMX586 disebut bakal "terang dan dengan sedikit noise".

Mirip sensor kamera di Huawei P20 Pro

Lewat teknik Quad Bayer ukuran efektif tiap pixel di IMX586 juga meningkat jadi 1,6 mikron, lebih besar dari ukuran pixel di sensor kamera Google Pixel 2 XL yang sebesar 1,4 mikron.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X