Huawei Ketahuan Pakai Kamera DSLR untuk Iklankan Foto Selfie

Kompas.com - 21/08/2018, 14:06 WIB
Tampilan depan Huawei Nova 3i. KOMPAS.com/ OIK YUSUFTampilan depan Huawei Nova 3i.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Seorang wanita tengah memakai make up di wajahnya. Belum lagi dia selesai, pasangannya tiba-tiba mengangkap smartphone Huawei seri Nova 3 untuk menjepret selfie.

Klik! Foto pun jadi. Si wanita tampak tekejut karena wajahnya sudah tampak cantik di foto, padahal make up belum sepenuhnya diterapkan. Mungkin ini karena kecerdasan buatan (AI) di Nova 3 mampu membuat wajahnya tampak menawan, walau make up masih setengah jalan.

Sepintas tak ada yang aneh dengan adegan di video iklan yang ditujukan untuk audience di Mesir tersebut. Namun, belakangan diketahui bahwa hasil jepretan selfie nan ciamik tadi bukan berasal dari kamera milik ponsel Huawei Nova 3, melainkan sebuah kamera DSLR.

Hal itu terungkap setelah sang aktris wanita, Sarah Elshamy mengunggah foto-foto behind the scene dari produksi iklan yang bersangkutan ke akun Instagram miliknya. Nah, salah satu foto memperlihatkan bahwa tangan sang pria ternyata tidak menggenggam apa pun saat berakting selfie tadi.

Baca juga: Resmi, Ponsel 4 Kamera Huawei Nova 3i Dijual Rp 4,2 Juta di Indonesia

Alih-alih ponsel, seorang anggota kru lain memposisikan kamera DSLR di tangan sang pria, untuk menirukan sudut pandang ponsel yang dipakai selfie. Jadilah foto selfie tadi terkesan seperti jepretan Nova 3, padahal sebenarnya bukan.

Foto behind the scene produksi iklan Huawei Nova 3 di Mesir yang diunggah oleh aktris Sarah Elshamy ke Instagram. Terlihat aktor pria hanya berpura-pura merentangkan tangan tanpa memegang ponsel, sementara gambar dijepret oleh anggota kru lain dengan kamera DSLR, dengan meniru sudut pandang selfie. AbdullahSab3/ Reddit Foto behind the scene produksi iklan Huawei Nova 3 di Mesir yang diunggah oleh aktris Sarah Elshamy ke Instagram. Terlihat aktor pria hanya berpura-pura merentangkan tangan tanpa memegang ponsel, sementara gambar dijepret oleh anggota kru lain dengan kamera DSLR, dengan meniru sudut pandang selfie.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di dalam iklan ada tiga adegan selfie lain dalam kondisi siang dan malam hari. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Police, Selasa (21/8/2018), ada kemungkinan tak hanya satu yang diambil dengan kamera DSLR.

Huawei sendiri sebenarnya tidak mengklaim di iklan bahwa hasil selfie merupakan jepretan Nova 3. Namun, tetap saja visualisasinya mengesankan demikian, dan berpotensi misleading untuk calon konsumen yang melihat.

Ini bukan kali pertama Huawei kepergok memakai kamera berkemampuan lebih tinggi untuk mengiklankan jepretan ponselnya. Pabrikan asal China tersebut pernah menaruh hasil foto dari kamera DSLR full-frame Canon 5D Mark III di galeri sampel foto smartphone P9 pada 2016.

Video iklan Nova 3 selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.