Kamera Panasonic Bisa Tukar Lensa dengan Leica dan Sigma - Kompas.com

Kamera Panasonic Bisa Tukar Lensa dengan Leica dan Sigma

Kompas.com - 26/09/2018, 18:41 WIB
IlustrasiEngadget Ilustrasi

KOMPAS.com - Selain memperkenalkan kamera mirrorless full frame seri Lumix S1 dan S1R, dalam acara di ajang Photokina, Jerman, pekan ini, Panasonic turut mengumumkan kerjasama dengan Leica dan Sigma untuk saling mendukung sistem L-Mount.

L-Mount adalah sistem lensa yang pertama kali muncul pada 2014 untuk kamera mirrorless full frame seri SL dan APS-C seri TL dari Leica. L-Mount juga digunakan di duo kamera mirrorless full frame dari Panasonic.

Dengan kata lain, kamera mirrorless full-frame dan APS-C dari Panasonic, Leica, dan Sigma bisa saling bertukar lensa. Lensa Leica SL bisa dipasang di bodi kamera Panasonic seri S1, demikian pula sebaliknya.

"Kemitraan strategis ini menyediakan pilihan kamera dan lensa yang lebih luas untuk konsymen tanpa harus berkompromi hanya menggunakan merek tertentu saja," tulis keterangan dalam press release yang dirangkum KompasTekno dari Engadget, Rabu (26/9/2018).

Baca juga: Panasonic Umumkan 2 Mirrorless “Full-Frame” Pertama, S1 dan S1R

Lensa-lensa Leica terknenal berharga selangit, namun Panasonic dan Sigma bisa membuat produk lensa sendiri dengan banderol yang lebih terjangkau.

Panasonic, misalnya, telah mengumumkan bakal membuat tiga lensa untuk kamera mirrorless full frame besutannya, yakni lensa prime 50mm f/1.4, serta dua lensa zoom 24-105mm dan 70-200mm. Sebanyak 10 lensa lain dijadwalkan menyusul sebelum akhir 2020 nanti.

Sigma juga menyatakan komitmen membangun lensa untuk sistem L-Mount, termasuk dari jajaran seri "Art" besutannya yang dikenal berkualitas tinggi.

Setelah sebelumnya mentok dengan kamera micro four-thirds, Panasonic untuk pertama kalinya terjun ke segmen kamera mirrorless full-frame dengan duo Lumix S1 dan S1R. Keduanya saat ini masih dalam pengembangan dan baru akan meluncur tahun depan.



Close Ads X