Cara Telepon Gratis Telkomsel, XL, dan Indosat di Lokasi Gempa Palu - Kompas.com

Cara Telepon Gratis Telkomsel, XL, dan Indosat di Lokasi Gempa Palu

Kompas.com - 02/10/2018, 10:52 WIB
Lokasi gempa bermagnitudo 7,7 yang mengguncang Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).GOOGLE MAP Lokasi gempa bermagnitudo 7,7 yang mengguncang Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

KOMPAS.com - Sejumlah pperator seluler di Indonesia menyediakan layanan telepon dan SMS gratis bagi pelanggan di Sulawesi Tengah, menyusul bencana alam gempa bumi dan tsunami yang melanda Donggala, Palu, dan sekitarnya pekan lalu.

Tiga operator seluler utama yang memberikan layanan telepon dan SMS gratis ini adalah Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo.

Telkomsel

Operator Telkomsel melalui akun Instagram resminya mengunggah pengumuman gratis menelepon ke semua operator selama satu pekan bagi pelanggan di Palu dan Donggala.

Telepon gratis seminggu ini memiliki kuota 50 menit percakapan dan 200 SMS. Pengguna bisa mengaktifkan melalui dua cara.

Pertama yakni melalui kode USSD *888*20#, dan kedua adalah dengan mengirim SMS dengan format SULTENG ke nomor 8999.   

Baca juga: Ini Daftar Lokasi WiFi dan Telepon Gratis di Palu dan Sekitarnya

XL Axiata

Sementara operator XL Axiata memberikan layanan gratis menelepon dan SMS ke sesama XL, serta gratis menelepon 10 menit dan 10 SMS ke operator lain.

Selain itu, XL juga memberikan paket data  internet gratis dengan kuota 500 MB. Paket-paket ini berlaku selama dua hari, khusus untuk pelanggan di Sulawesi tengah.

Untuk mengaktifkannya, pelanggan XL bisa menggunakan kode USSD *505#.

Indosat Ooredoo

Para pelanggan Indosat yang berada di wilayah Sulawesi Tengah bisa melakukan panggilan telepon dan SMS gratis ke semua operator, tanpa perlu mendaftar paket tertentu.

Layanan cuma-cuma tersebut berlaku sampai tanggal 14 Oktober 2018 mendatang.

Baca juga: Indosat Layani Telepon Gratis dan Mobil Klinik di Daerah Gempa Palu

Pulih sebagian

Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Fernandus Setu mengatakan bahwa saat ini tiga operator (Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata) yang beroperasi di Sulawesi Tengah sudah bisa memenuhi 49 persen coverage.

Sebanyak 1.728 Base Transceiver Station (BTS) di seluruh wilayah Sulawesi Tengah, mencakup 2G, 3G, dan 4G, sudah pulih dan mampu melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat.

“Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata, terus menambah personil di lapangan dengan mengirimkan tim dari Makassar, Palopo, dan Poso, untuk mempercepat perbaikan BTS seperti sedia kala,” kata pria yang akrab disapa Nando itu, dihubungi KompasTekno, Senin (1/10/2018).

Baca juga: Pasca Gempa, Layanan Operator Seluler Mulai Pulih di Sulawesi Tengah

Kemenkominfo mengimbau masyarakat Palu dan Donggala tetap tenang dan waspada. Jangan mudah tersulut provokasi dari informasi-informasi yang tidak valid sumbernya dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X