Indosat Layani Telepon Gratis dan Mobil Klinik di Daerah Gempa Palu - Kompas.com

Indosat Layani Telepon Gratis dan Mobil Klinik di Daerah Gempa Palu

Kompas.com - 01/10/2018, 18:48 WIB
Logo Indosat Ooreedo.Indosat Logo Indosat Ooreedo.

KOMPAS.com - Selain memperbaiki jaringan telekomunikasi yang rusak akibat gempa bumi di wilayah Palu dan Donggala, operator-operator seluler turut memberikan bantuan sosial kepada para korban.

Indosat Ooredoo pada awal pekan ini mengumumkan pengoperasian mobil klinik sebagai bentuk pertolongan pertama di masa tanggap darurat bencana yang sedang berlangsung.

Mobil klinik yang membawa tenaga medis dan ketugas kesehatan ini rencananya akan beroperasi selama 2 minggu di 12 titik. Layanan yang diberikan meliputi kesehatan umum, pemberian makanan tambahan, pemulihan trauma untuk anak-anak, dan pembagian paket kebutuhan darurat.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima oleh KompasTekno, Senin (1/10/2018), sebanyak 3.000 orang diperkirakan bakal menerima layanan-layanan dari mobil kesehatan ini.

Baca juga: Direktur Utama Indosat Joy Wahyudi Mengundurkan Diri

Selain itu, Indosat juga menambahkan bahwa pihaknya turut menggelar layanan telekomunikasi gratis sebagai bentuk kepedulian kepada para korban bencana.

Para pelanggan Indosat yang berada di wilayah bencana bisa melakukan panggilan telepon dan SMS gratis ke semua operator tanpa perlu mendaftar paket tertentu. Layanan cuma-cuma tersebut berlaku sampai tanggal 14 Oktober 2018 mendatang.

"Kami berharap berbagai upaya ini akan bermanfaat dan membantu masyarakat yang terkena bencana agar mereka dapat segera melewati masa-masa sulit tanggap darurat serta masa-masa pemulihan setelah bencana," ujar keterangan tertulis Indosat.

Bantuan untuk perusahaan

Jaringan Indosat Ooredoo sendiri ikut terdampak bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala pada akhir pekan lalu itu. Tim teknis Indosat diterjunkan langsung ke lapangan untuk memulihkan Base Transciever Station (BTS) Indosat.

Beberapa kendala yang dihadapi di lapangan antara lain kelangkaan bahan bakar serta kondisi medan di sejumlah lokasi yang rusak akibat gempa.

Selain itu, selaku penyedia layanan Teknologi, Komunikasi, dan Informasi (ICT) bagi perusahaan atau instansi yang turut menjadi korban bencana, Indosat melalui Indosat Ooredoo Business menyiapkan langkah-langkah dukungan untuk memberikan bantuan kepada pelanggan.

Indosat Ooredoo Business akan bertemu dengan pihak perusahaan atau instansi guna menyiapkan tim khusus untuk menganalisis dan memperbaiki kerusakan dari segi IT atau komunikasi yang terdampak bencana.

Turut disiapkan fasilitas telepon satelit unutk membantu pihak perusahaan atau instansi dalam menjalin koordinasi.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X