Kompas.com - 06/11/2018, 10:51 WIB
iPhone XS. IstimewaiPhone XS.

KOMPAS.com -  Apple disinyalir akan meluncurkan iPhone dengan konetivitas 5G pertamanya pada 2020. Hal ini dibocorkan oleh sumber dalam industri yang terpercaya.

Menurut sumber tersebut, Apple bakal memakai chip modem 5G Intel 8161 dengan fabrikasi 10 nm di jajaran iPhone 2020. Fabrikasi itu disebut akan menambah kepadatan transistor untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan chip.

Sebelumnya, rumor akhir tahun lalu mengatakan bahwa Intel dan Apple sedang mengembangkan teknologi chip 5G untuk perangkat iPhone masa depan (2020).

Dilansir KompasTekno dari PhoneArena, Selasa (6/11/2018), saat ini perusahaan Cupertino sedang menguji coba pendahulu chip modem 5G Intel 8161, yaitu 8060, pada ponsel purwarupanya yang akan meluncur 2020 nanti.

Namun, suhu panas berlebih yang kerap dihasilkan modem terasa sampai bodi belakang dan masih menjadi momok bagi Intel.

Menurut sumber Apple, masalah tersebut menjadi pemicu Apple 'kurang puas' dengan hasil yang ditawarkan chip itu, menimbang panas juga mengakibatkan penurunan performa baterai.

Baca juga: Ini Tanda iPhone XS, XS Max, dan XR Segera Dijual di Indonesia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Panas berlebih sejatinya disebabkan oleh ketergantungan jaringan pada spektrum gelombang milimeter (antara 30 gigahertz dan 300 Ghz) untuk menghubungkan ponsel pada jaringan 5G.

Penghubungan jaringan ini membutuhkan kinerja berat dari chip modem, seperti Intel 8060 di atas, yang boleh jadi menghasilkan panas berlebih, karena belum terkonfigurasi secara optimal.

Walaupun Apple kurang puas dengan Intel, perusahaan Cupertino belum mempertimbangkan untuk menggaet pabrikan chip China, Qualcomm sebagai pemasok chip modem 5G-nya.

Seperti diketahui, Qualcomm dan Apple sedang menjalankan proses hukum panjang sebagai efek saling tuntut berbagai dugaan yang berhubungan dengan chip dan perusahannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.