TechTrip #1, YouTuber Andalkan Galaxy Note 9 untuk "Vlogging" selama Liburan

Kompas.com - 09/11/2018, 21:05 WIB
YouTuber andalkan Galaxy Note 9 untuk vlogging. Lulu Cinantya/kompas.comYouTuber andalkan Galaxy Note 9 untuk vlogging.

KOMPAS.com - Salah satu aktivitas wajib saat berlibur adalah berburu foto dan video, untuk dibagikan di media sosial. Tak heran banyak orang rela membawa kamera profesional yang berat, disertai alat-alat pendukung seperti tripod dan gimbal.

Namun, inovasi teknologi berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat modern yang ingin serba praktis. Kamera smartphone zaman sekarang bisa dibilang mulai memiliki kemampuan serupa kamera profesional.

Michael Prajanto pemilik kanal YouTube Nerd Reviews membagi pengalamannya ketika berlibur di Seoul, Korea Selatan. Ia memanfaatkan Samsung Galaxy Note 9 untuk mengabadikan liburannya dalam bentuk foto dan video untuk vlog, selama enam hari di sana.

“Selama ini gue selalu pesimis dengan kualitas video dan audio di smartphone. Nyatanya, footage dari Galaxy Note 9 benar-benar layak untuk vlogging, apalagi pas ditambah alat bantu semacam gimbal,” kata pria yang akrab disapa Mike itu pada KompasTekno.

Kamera Galaxy Note 9 mengusung konfigurasi kamera ganda (dual-camera) dengan resolusi 12 megapiksel. Kamera pertamanya untuk menjepret foto dengan sudut lebar (wide-angle), sementara kamera keduanya untuk memotret subjek jarak jauh (telephoto).

Baca juga: Hasil Jepretan Kamera Galaxy Note 9, Dengan dan Tanpa AI

Gabungan keduanya mampu menghadirkan hasil foto bokeh, layaknya memakai kamera profesional. Michael membagikan beberapa hasil fotonya dengan fitur “Live Focus” pada kamera Galaxy Note 9.

Bukan cuma itu, kamera Galaxy Note 9 juga memiliki lensa berbukaan ganda (dual-aperture) F/2.4 dan F/1.5 untuk memastikan hasil foto tetap apik dalam berbagai kondisi cahaya.

Bukaan F/2.4 didedikasikan untuk memotret di siang hari, sementara bukaan F/1.5 bisa diandalkan untuk menjepret dalam kondisi minim cahaya (low-light). Menurut Michael, kualitasnya fotonya cukup untuk diunggah ke media sosial.

“Performa low-light pastinya masih belum bisa dibandingin dengan dedicated camera seperti mirrorless yang sehari-hari gue pakai. Namun, itu cuma berlaku kalau dilihat di layar besar,” ia menuturkan.

“Selama digunakan untuk upload ke media sosial yang toh dilihatnya di layar ponsel juga, detail dan noise level kamera utama Galaxy Note 9 dengan aperture F/1.5 lebih dari cukup,” ia menambahkan.

Tak lupa pula, Galaxy Note 9 sudah dilengkapi teknologi kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) melalui fitur “Scene Optimizer”. Prinsipnya, Scene Optimizer mampu mendeteksi 20 objek foto dengan cepat.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X