TechTrip #1, YouTuber Andalkan Galaxy Note 9 untuk "Vlogging" selama Liburan - Kompas.com

TechTrip #1, YouTuber Andalkan Galaxy Note 9 untuk "Vlogging" selama Liburan

Kompas.com - 09/11/2018, 21:05 WIB
YouTuber andalkan Galaxy Note 9 untuk vlogging.Lulu Cinantya/kompas.com YouTuber andalkan Galaxy Note 9 untuk vlogging.

KOMPAS.com - Salah satu aktivitas wajib saat berlibur adalah berburu foto dan video, untuk dibagikan di media sosial. Tak heran banyak orang rela membawa kamera profesional yang berat, disertai alat-alat pendukung seperti tripod dan gimbal.

Namun, inovasi teknologi berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat modern yang ingin serba praktis. Kamera smartphone zaman sekarang bisa dibilang mulai memiliki kemampuan serupa kamera profesional.

Michael Prajanto pemilik kanal YouTube Nerd Reviews membagi pengalamannya ketika berlibur di Seoul, Korea Selatan. Ia memanfaatkan Samsung Galaxy Note 9 untuk mengabadikan liburannya dalam bentuk foto dan video untuk vlog, selama enam hari di sana.

“Selama ini gue selalu pesimis dengan kualitas video dan audio di smartphone. Nyatanya, footage dari Galaxy Note 9 benar-benar layak untuk vlogging, apalagi pas ditambah alat bantu semacam gimbal,” kata pria yang akrab disapa Mike itu pada KompasTekno.

Kamera Galaxy Note 9 mengusung konfigurasi kamera ganda (dual-camera) dengan resolusi 12 megapiksel. Kamera pertamanya untuk menjepret foto dengan sudut lebar (wide-angle), sementara kamera keduanya untuk memotret subjek jarak jauh (telephoto).

Baca juga: Hasil Jepretan Kamera Galaxy Note 9, Dengan dan Tanpa AI

Gabungan keduanya mampu menghadirkan hasil foto bokeh, layaknya memakai kamera profesional. Michael membagikan beberapa hasil fotonya dengan fitur “Live Focus” pada kamera Galaxy Note 9.

Bukan cuma itu, kamera Galaxy Note 9 juga memiliki lensa berbukaan ganda (dual-aperture) F/2.4 dan F/1.5 untuk memastikan hasil foto tetap apik dalam berbagai kondisi cahaya.

Bukaan F/2.4 didedikasikan untuk memotret di siang hari, sementara bukaan F/1.5 bisa diandalkan untuk menjepret dalam kondisi minim cahaya (low-light). Menurut Michael, kualitasnya fotonya cukup untuk diunggah ke media sosial.

“Performa low-light pastinya masih belum bisa dibandingin dengan dedicated camera seperti mirrorless yang sehari-hari gue pakai. Namun, itu cuma berlaku kalau dilihat di layar besar,” ia menuturkan.

“Selama digunakan untuk upload ke media sosial yang toh dilihatnya di layar ponsel juga, detail dan noise level kamera utama Galaxy Note 9 dengan aperture F/1.5 lebih dari cukup,” ia menambahkan.

Tak lupa pula, Galaxy Note 9 sudah dilengkapi teknologi kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) melalui fitur “Scene Optimizer”. Prinsipnya, Scene Optimizer mampu mendeteksi 20 objek foto dengan cepat.

Selanjutnya, AI bakal otomatis menyesuaikan pengaturan warna foto sesuai objeknya. Misalnya saja ketika membidik makanan, maka warna akan disesuaikan sehingga tampak lebih menggiurkan.

Begitu pula ketika menjepret pepohonan yang hijau dan rindang, maka warnanya akan terlihat segar dan natural. Samsung menetapkan pendeteksian otomatis untuk 20 objek yang dinilai paling sering difoto dalam kehidupan sehari-hari.

Masing-masing adalah makanan (food), potret (portrait), bunga (flowers), suasana dalam ruangan (indoor scene), binatang (animals), lanskap (landscape), pohon (trees), langit (sky), gunung (mountain), pantai (beaches) matahari terbit dan terbenam (sunrises and sunsets).

Selain itu masih ada lagi scene perairan (watersides), jalanan (street scenes), suasana malam (night scenes), air terjun (waterfalls), salju (snow), backlight, dan teks.

“Scene Optimizer membantu siapa pun mengoperasikan kameranya dan mengambil gambar seoptimal mungkin tanpa efek yang lebay,” ujar Michael.

“Intinya, enak rasanya bisa gerak lebih bebas bikin konten selama liburan dengan Galaxy Note 9, tanpa mengorbankan terlalu banyak kualitas dan fitur,” ia memungkasi.

Untuk menyaksikan lebih lengkap program TechTrip KompasTekno di Seoul, mulai dari “mabuk” iga ayam hingga memakan gurita mentah yang setengah hidup, saksikan di video perjalanan berikut ini. 

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X