Pesan Terkirim di Messenger Kini Bisa Dihapus

Kompas.com - 16/11/2018, 13:21 WIB
Facebook Messenger Android CentralFacebook Messenger

KOMPAS.com - Lama dinanti, akhirnya Facebook merilis fitur menghapus pesan terkirim di aplikasi pesan instannya, Messenger. Fitur yang sebelumnya disebut sebagai "unsend" ini resmi bernama "Remove for Everyone", seperti di WhatsApp. 

Seperti WhatsApp pula, pesan salah kirim yang telah dihapus akan meninggalkan jejak bagi si penerima dengan keterangan "Anda telah menghapus pesan".

Untuk sementara, Facebook baru merilis fitur ini di beberapa negara, yakni Polandia, Bolivia, Columbia, dan Lithuania di platform Android maupun iOS.

Kepada Tech Crunch, sebagaimana KompasTekno lansir, Jumat (16/11/2018),  Stan Chudnovsky, Head of Facebook Messenger berjanji akan menyebar fitur ini secara global dalam waktu dekat.

Durasi waktu tarik pesan di Messenger hanya 10 menit setelah pesan terkirim. Pengguna bisa menghapus pesan teks, percakapan grup, foto, video, tautan, dan lain sebagainya.

Setelah pesan dihapus, Facebook akan menyimpan salinan pesan pribadi untuk sementara waktu guna memastikan bahwa pesan bisa ditinjau kembali jika dilaporkan sebagai pelecehan.

Cara Hapus Pesan

Cara menghapus pesan di Facebook MessengerTech Crunch Cara menghapus pesan di Facebook Messenger

Kurang lebih cara menghapus pesan di Messenger mirip dengan menghapus pesan di WhatsApp. Ketuk dan tahan pesan mana yang ingin dihapus.

Baca juga: Pesan Salah Kirim di Facebook Messenger Bakal Bisa Dihapus

Kemudian pilih "Remove for Everyone" (Hapus untuk Semua) untuk menarik pesan dari sisi penerima maupun pengirim.

Jika pengguna memilih "Remove for you" (Hapus untuk Anda), maka pesan hanya akan terhapus di sisi pengirim, namun masih muncul di pesan masuk penerima.

Sebelum terhapus, akan muncul kotak peringatan berisi: “You’ll permanently remove this message for all chat members. They can see that you removed a message and still report it".

Kurang lebih, peringatan itu menerangkan bahwa pesan akan dihapus secara permanen untuk semua, namun akan muncul keterangan bahwa pesan dihapus. Jika yakin ingin menghapus pesan, pilih "Remove" (hapus).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X