YouTuber, "Powerful Generation", dan Galaxy Note 9

Kompas.com - 21/11/2018, 15:45 WIB
Memakai Hanbok sambil berkeliling Insadong, Seoul, Korea Selatan. Lulu Cinantya/kompas.comMemakai Hanbok sambil berkeliling Insadong, Seoul, Korea Selatan.

SEOUL, KOMPAS.com - Di era media sosial seperti sekarang, tak ada alasan untuk membatasi diri dalam berkarya dan berkespresi. Layanan semacam YouTube, Instagram, Soundcloud, dan Twitter, menjadi wadah untuk unjuk talenta.

Michael Prajanto (24) dari channel YouTube Nerd Reviews adalah salah satu contoh anak muda yang memanfaatkan media sosial dan perkembangan teknologi untuk menjadi generasi tangguh atau diistilahkan “ Powerful Generation”.

Mulanya kuliah di jurusan farmasi, belakangan Michael justru banting stir menjadi YouTuber untuk channel bertema teknologi. Menurut dia, tak ada yang tak mungkin jika mau belajar dan beradaptasi dengan hal-hal baru.

Lakonnya sebagai YouTuber dijalani sejak 2015 bersama sahabatnya, Rizky Ramadhani. Kala itu mereka masih kuliah dan tak punya banyak modal untuk membeli kamera dan komputer kelas kakap.

Batasan-batasan tersebut tak dijadikan alasan untuk berhenti berusaha mengejar mimpi. Berbekal perlengkapan seadanya, pelan-pelan channel YouTube Nerd Reviews menarik perhatian khalayak hingga kini subscriber-nya mencapai 95.000.

“Kalau sekarang sudah lebih mudah karena perkembangan teknologi membuat semuanya lebih praktis,” kata Michael pada KompasTekno.

Michael menceritakan pengalamannya mengandalkan Samsung Galaxy Note 9 selama enam hari di Seoul, Korea Selatan, dalam rangkaian program “TechTrip” beberapa saat lalu.

Samsung Galaxy Note 9 dipakai untuk membidik foto dalam berbagai kondisi, merekam video, menerjemahkan tulisan asing, dan melakukan kegiatan multitasking lainnya selama berlibur.

Samsung Galaxy Note 9 untuk “Powerful Generation”

Michael tak menampik bahwa kamera profesional masih dibutuhkan untuk membuat video berkualitas. Namun, dalam skenario liburan, kamera profesional yang besar akan meruwetkan aktivitas.

Berbeda dengan smartphone yang berukuran kecil. Jika menemukan objek yang pas untuk difoto atau direkam, cukup keluarkan perangkat dari saku celana.

“Selama ini gue selalu pesimis dengan kualitas video dan audio di smartphone. Nyatanya, footage dari Galaxy Note 9 benar-benar layak untuk vlogging, apalagi pas ditambah alat bantu semacam gimbal,” kata dia.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X