Bocoran Tampang Aneh iPhone XI dengan Tiga Kamera "Zig-zag"

Kompas.com - 08/01/2019, 06:49 WIB
Render iPhone 2019 dengan triple-camera Digit IndiaRender iPhone 2019 dengan triple-camera

KOMPAS.com - Sebelum trio iPhone 2018 meluncur, Apple disebut-sebut akan menyematkan modul triple-camera ke lini iPhone yang baru, sesuai dengan tren di industri smartphone belakangan ini yang semakin banyak menyematkan kamera ke ponsel.

Rencana itu akan terwujud tahun ini melalui iPhone 2019 atau yang sementara ini disebut sebagai "iPhone XI". Salah satu indikasinya bisa dilihat dalam sebuah bocoran terkini, berupa gambar hasil render yang diduga memperlihatkan wujud iPhone XI.

Di punggungnya terdapat sebuah modul persegi berisi tiga kamera dan sebuah lampu kilat LED, mirip milik Huawei Mate 20 Pro. Bedanya, modul persegi iPhone XI bukan terletak di tengah punggung, melainkan di pojok kiri atas.

Baca juga: Erayaja Group Jual iPhone XS, XS Max, dan XR Resmi di Indonesia

Penempatan itu mungkin dimaksudkan supaya konsisten dengan desain iPhone selama ini, yang memang selalu menempatkan ponsel di pojok kiri atas. Mungkin juga karena logo Apple biasanya terletak di tengah punggung sehingga tak bisa digeser.

Susunan kamera di modul tersebut tampak aneh. Alih-alih berderet rapi di keempat sudut seperti Mate 20 Pro, tiga kamera dan lampu kilat iPhone XI justu disusun secara "zig-zag".


Steve McFly, pembocor gadget yang pertama kali mengedarkan gambar render di melalui akun Twitternya @OnLeaks, mengatakan bahwa iPhone XI kini masih berada dalam tahap Engineering Validation Test (EVT).

Itu artinya, produksi iPhone XI masih berada di tahap sangat awal dan perubahan besar kemungkinan masih bisa terjadi hingga peluncurannya akhir tahun mendatang.

Baca juga: Bos Apple Akui Penjualan iPhone Loyo, Saham Anjlok

Ia juga mengatakan bahwa bagian depan iPhone XI nanti masih tetap menyematkan "notch", dan baru akan mengadopsi layar dengan lubang kamera sekitar tahun 2020 mendatang.

Apple diperkirakan akan meluncurkan lini iPhone 2019 pada bulan September seperti lini iPhone sebelumnya. Dirangkum KompasTekno dari Digit, Selasa (8/1/2019), lini iPhone 2019 kemungkinan akan kembali terdiri dari tiga model.

Trio tersebut terdiri dari iPhone "murah" yang kemungkinan menjadi penerus iPhone XR, serta dua iPhone high-end yang akan menjadi generasi penerus iPhone XS dan iPhone XS Max.

Sayangnya belum ada banyak informasi tentang iPhone XI selain bocoran gambar tadi, termasuk tipe iPhone mana yang akan menggunakan modul triple camera. Kemungkinan, tipe iPhone teratas yang akan dibekali tiga kamera.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber digit.in
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X