Untuk Pertama Kali, Twitter Ungkap Jumlah Pengguna Harian

Kompas.com - 09/02/2019, 11:34 WIB
Logo Twitter di depan kantornya di San Francisco, AS. istLogo Twitter di depan kantornya di San Francisco, AS.
|

KOMPAS.com - Selama bertahun-tahun, Twitter tidak pernah mengungkap jumlah pengguna hariannya. Namun untuk pertama kalinya, jejaring sosial yang dikepalai Jack Dorsey ini mengungkap jumlah pengguna hariannya pada publik. 

Dalam sebuah laporan yang ditujukan pada para para pemegang saham, Twitter menyebutkan ada 126 juta pengguna aktif setiap harinya selama kuartal empat (Q4) 2018 lalu.

Angka ini menurut Twitter, meningkat sembilan persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Rata-rata jumlah pengguna harian di Q4 adalah 126 juta, naik sembilan persen dari tahun ke tahun," tulis pihak Twitter dalam laporannya.

"Kenaikan ini didorong oleh kombinasi pertumbuhan organik, pemasaran, dan peningkatan produk. Kami melihat angka pertumbuhan dua digit dalam lima dari 10 pasar global teratas kami," lanjut mereka.

Angka ini lebih sedikit ketimbang jumlah pengguna harian Snapchat dan Facebook. Snapchat sendiri memiliki pengguna harian sebanyak 186 juta, sementara ada sekitar 1,52 miliar pengguna aktif Facebook setiap harinya.

Dikutip KompasTekno dari Recode, Sabtu (9/2/2019), kendati demikian jumlah ini sangatlah penting bagi Twitter yang tengah kembali tumbuh. Pasalnya sejak 2013, jumlah ini terus merosot.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Angka ini sendiri tentu memberi gambaran besar tentang seberapa banyak orang yang masih aktif menggunakan Twitter setiap harinya.

Baca juga: Berapa Jumlah Pengguna Internet Indonesia?

Twitter sendiri pernah menyatakan, bahwa akan lebih mengutamakan stabilitas jangka panjang ketimbang pertumbuhan jumlah pengguna. Namun, langkah tersebut dianggap lebih mempersulit para pemegang saham dan investor dalam menilai perkembangan perusahaan.

Para investor tersebut kerap menggunakan data jumlah pengguna harian dan bulanan serta data pengguna potensial yang dapat dijangkau oleh platform tersebut.

Baca juga: Facebook Jadi Medsos Paling Digemari di Indonesia

Yuk, follow Twitter KompasTekno dan Facebook KompasTekno untuk mendapatkan berita-berita terbaru. Tak ketinggalan juga subscribe channel YouTube KompasTekno untuk menonton video-video seru seputar teknologi.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.