Indosat Sediakan Paket Data Murah untuk "Driver" Go-Jek

Kompas.com - 12/02/2019, 12:47 WIB
(Kiri-kanan): Turina Farouk, Head Corporate Communication, mitra Gojek, Swandi Tjia ( Group channel management Indosat Ooredoo), dan Michael Say, VP Corporate Affairs Gojek di acara peluncuran Paket Gaspol Indosat Ooredoo di Jakarta, Selasa (12/2/2019).
KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi (Kiri-kanan): Turina Farouk, Head Corporate Communication, mitra Gojek, Swandi Tjia ( Group channel management Indosat Ooredoo), dan Michael Say, VP Corporate Affairs Gojek di acara peluncuran Paket Gaspol Indosat Ooredoo di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indosat Ooredoo bekerja sama dengan Go-Jek meluncurkan paket khusus yang ditujukan bagi para pengemudi Go-Jek.

Paket bernama Gaspol ini dibanderol seharga Rp 50.000 bagi driver Go-Jek. Mitra Go-Jek akan mendapatkan kuota data 10 GB yang berlaku selama 30 hari, ditambah paket telepon 100 menit ke semua operator, dan unlimited ke sesama Indosat.

Selain target pengguna, perbedaan paket Gaspol dibanding paket Indosat Ooredoo lainnya terdapat dalam paket bundling yang disediakan. Dalam Gaspol, paket bundling disesuaikan dengan kebutuhan mitra Go-Jek, yakni data dan telepon.

Menurut Michael Say, VP Corporate Affairs Go-Jek, terobosan ini sejalan dengan program swadaya yang bertujuan untuk meringankan beban pengeluaran mitra Go-Jek, seperti pulsa dan perawatan kendaraan.

Baca juga: Driver Go-Jek Bisa Beli Paket Data Telkomsel Lebih Murah

"Tahun lalu, kami mengadakan survei ke mitra kami, 80 persen pengeluaran pulsa sebesar Rp 150.000. Dari angka tersebut sekitar 60 persen lebih menggunakan paket data 10 GB. Jadi menurut saya, ini cocok banget," jelas Michael.

Menurut Michael, setidaknya, dengan paket Gaspol dari Indosat Ooredoo, pengeluaran mitra Go-Jek bisa berkurang hingga 50 persen.

Gita Satria, salah satu driver Go-Jek yang turut hadir dalam peluncuran tersebut, mengaku bahwa banderol paket Indosat Gaspol yang dipatok sudah cukup murah dibanding operator lain.

"Kalau ini udah sama telepon, jadi lebih hemat. Kalau operator lain ada yang dipisah-pisah", ujarnya.

Khusus mitra Go-Jek

Paket Gaspol hanya ditujukan khusus untuk mitra Go-Jek dan tidak bisa digunakan pelanggan Indosat biasa. Menurut Swandi Tjia, Group Channel Management Indosat Ooredoo, mitra Go-Jek harus mendaftarkan nomor Indosatnya dulu ke Go-Jek.

Menu USSD Gaspol Indosat khusus untuk driver Go-Jek.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Menu USSD Gaspol Indosat khusus untuk driver Go-Jek.

"Pertama, kita listing semua nomor mitra Go-Jek untuk mendapatkan fasilitas ini," jelasnya.

Setelah terdaftar, mitra Go-Jek bisa membeli pulsa utama, kemudian membeli paket Gaspol melalui USSD *363*88#. Menu Gaspol akan otomatis muncul di nomor Indosat mitra yang sudah terdaftar.

Baca juga: Indosat Anggarkan Rp 10 Triliun Agar Jaringannya Tidak Lemot

Swandi mengklaim sejak menyediakan paket ini pada Desember 2018 lalu, sudah ada 10.000 mitra Go-Jek pelanggan Indosat yang menggunakannya. Paket ini juga disebut Swandi menjadi salah satu cara penetrasi pengguna Indosat di kalangan komunitas, dalam hal ini mitra Go-Jek.

"Saat ini sekitar 18 persen mitra Go-Jek adalah pengguna Indosat. Tahap awal, kami pengennya menargetkan 380.000 atau 38 persen pengguna, nanti di fase kedua jadi 600.000 atau 60 persen," papar Swandi.

Pengguna Indosat yang mengaktifkan paket Gaspol juga berkesempatan mendapatkan satu unit motor dalam program PAKEM Indosat Ooredoo yang akan diundi nantinya.



Close Ads X