Netflix Simpan Plot Pilihan Penonton di Serial "Black Mirror: Bandersnatch"

Kompas.com - 17/02/2019, 08:13 WIB
Black Mirror: Bandersnatch.Netflix Black Mirror: Bandersnatch.

KOMPAS.com - Netflik membuat terobosan baru di salah satu serial andalannya Black Mirror. Di episode teranyarnya berjudul "Bandersnacth" yang rilis akhir tahun 2018 lalu, Netflix menawarkan pengalaman menonton secara interaktif untuk menentukan akhir cerita.

Sepanjang tayangan, penonton akan diberikan pilihan yang bersifat trivial, misalnya sereal apa yang ingin dimakan, menerima atau menolak tawaran, dan memilih kaset mana yang ingin didengarkan.

Pilihan-pilihan trivial tersebut akan muncul di beberapa adegan dan penonton bisa memilih langsung dari perangkat yang digunakannya untuk menonton.

Ternyata, inovasi hiburan ini membawa masalah di belakang. Seorang periset kebijakan teknologi, Michael Veale dari University College London, menemukan bahwa Netflix mengumpulkan dan menyimpan semua pilihan penonton dalam serial Bandersnatch.

Baca juga: Netflix Bikin Film yang Alurnya Bisa Dipilih Penonton

Veale meminta data ini dari Netflix dengan mengacu pada undang-undang perlindungan data pengguna yang berlaku di Eropa (General Data Protection Regulation/GDPR). Netflix pun tidak membantah tuduhan tersebut.

Pihaknya membenarkan telah melacak setiap keputusan yang dipilih penonton dan menyimpan data tersebut setelah penonton selesai menyaksikan Bandersnatch.

Kepada Veale, Netflix mengaku bahwa penyimpanan agregat pilihan para penontonnya, bertujuan untuk meningkatkan model storytelling dalam konteks tayangan atau film.

Masalah yang dihadapi Netflix tak hanya soal pengoleksian data. Netflix juga tidak meminta izin pengguna terlebih dahulu untuk mengoleksi data mereka.

Dilansir KompasTekno dari Mobile Syrup, Minggu (17/2/2019), Veale mengatakan bahwa tujuannya mengungkapkan masalah ini adalah untuk mengedukasi.

Ia ingin membuktikan pada pengguna, khususnya masyarakat Eropa, bahwa mereka bisa menggunakan hukum data untuk mempelajari lebih lanjut tentang informasi apa yang dikoleksi perusahaan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X