Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2019, 10:10 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vivo akhirnya resmi merilis smartphone sub-brand pertamanya di bawah nama iQoo pada akhir pekan lalu. Nama iQoo merupakan singkatan dari "I Quest On and On".

Ponsel ini ditujukan untuk para gamer mobile sehingga spesifikasi yang diusung pun tidak main-main. Mulai dari dapur pacunya, iQoo diotaki chipset Snapdragon 855, memori 6GB hingga 12 GB, serta pilihan storage 128 GB sampai 256 GB.

Untuk urusan desain, iQoo juga mengikuti tren kamera depan berbentuk titik air (teardrop) yang banyak diadopsi smartphone saat ini. Layarnya sendiri berukuran 6,4 inci panel AMOLED dengan rasio layar ke bodi yang diklaim mencapai 91,7 persen.

Sementara di bagian punggung, iQoo mengambil desain yang berbeda dibanding tren warna gradasi yang kini banyak bermunculan.

Punggung iQoo dilapisi dengan Halo strip LED yang bercahaya. Lampu LED ini akan otomatis akan menyala ketika pengguna berhasil menyelesaikan tantangan khusus saat bermain game.

Ada dua warna yang tersedia yakni Electro-optic Blue dan Lava Orange. Selain pulasan warna tersebut, pada bagian punggung juga tersemat tiga kamera yang terdiri dari 12 megapiksel sensor Sony IMX363, 13 megapiksel lensa wide, dan 2 megapiksel untuk menghasilkan latar belakang blur.

iQoo juga dilengkapi kamera depan 12 megapiksel untuk swafoto. Selain chip unggulan dan RAM jumbo, iQoo juga memasang fitur bernama multi-turbo untuk menaarkan pengalaman gaming yang lebih baik.

Terdapat fitur AI Turbo yang mampu meningkatkan kecepatan aplikasi populer hingga 30 persem, Net Turbo yang bisa memuluskan perpindahan koneksi dari WiFi ke 4G saat bermain game, dan Cooling Turbo untuk membuat perangkat tidak cepat panas saat bermain game.

Masih ada lagi fitur bernama Center Turbo dan Game Turbo yang memprioritaskan sistem sumber daya untuk memperlancar gaming.

Ada pula dua tombol sentuh berukuran besar di dalam layar yang diklaim bisa membuat pengoperasian game lebih nyaman.

Ponsel gaming iQoo VivoGizmo China Ponsel gaming iQoo Vivo
Ponsel iQoo juga didukung fitur audio 4D gaming 2.0 yang memberikan kualitas suara surround serta getaran untuk meningkatkan pengalaman gaming.

Vivo juga mengumumkan bahwa iQoo merupakan ponsel resmi King Pro League (KPL), dilansir KompasTekno dari Gizmo China, Senin (4/3/2019).

Baca juga: Membandingkan Ponsel Gaming Asus ROG, Xiaomi Black Shark, dan Razer Phone

Untuk menunjang daya tahan, iQoo dibekali baterai 4.000 mAh yang didukung dengan pengisi daya 44W. Pengisian daya baterai diklaim hanya memakan waktu 45 menit untuk mencapai angka 100 persen.

Khusus untuk model memori 6 GB/ 128 GB hanya akan mendukung pengisi daya 22,5 W saja.
iQoo dijalankan dengan Android 9 Pie dan lapisan antarmuka Funtouch OS 9. Di dalam layar terbenam sensor pemindai sidik jari dalam layar.

Fitur lain yang turut teremat adalah NFC dan Jovi Assistant.

Di China, Harga Vivo iQoo dibanderol 2.998 yuan (Rp 6,3 jutaan) untuk model paling murah. Varian memori 8 GB/128 GB dijual seharga 3.298 yuan (Rp 6,9 jutaan), memori 8 GB/ 256 GB seharga 3.598 yuan (Rp 7,5 jutaan), dan terakhir memori 12 GB/256 GB seharga 4.298 yuan (Rp 9 jutaan).

Ponsel ini akan mulai dipasarkan 6 Maret mendatang di sejumlah platform online. Belum diketahui apakah Indonesia akan kebagian ponsel ini atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com