Kamera 48 Megapiksel Vivo V15 Pro, Kenapa Fotonya Hanya 12 Megapiksel?

Kompas.com - 23/03/2019, 13:17 WIB
Ilustrasi Vivo V15 Pro dengan tiga kamera belakang KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi Vivo V15 Pro dengan tiga kamera belakang
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Vivo V15 Pro baru diluncurkan di Indonesia beberapa hari lalu. Selain dibekali kamera selfie "pop-up" dengan sensor 32 megapiksel, ponsel tersebut juga memiliki tiga kamera belakang yang juga menjadi nilai jual ponsel ini.

Salah satu kamera belakang ponsel tersebut,memiliki sensor sebesar 48 megapiksel, tapi menjepret foto dengan resolusi 12 megapiksel secara default. Mengapa demikian?

Untuk menjawab pertanyaan ini, KompasTekno sempat menanyakan hal tersebut secara langsung kepada Senior Product Manager Vivo Indonesia, Yoga Samiaji, di sela peluncuran Vivo V15 Pro di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

"Jadi sebenarnya, resolusinya tetap 12 megapiksel, tapi pakai teknologi Quad Pixel Sensor," jelas Yoga.

Baca juga: Vivo V15 Pro Resmi Dijual di Indonesia, Harga Rp 5,7 Juta

Teknologi tersebut, menurut Yoga, memungkinkan kamera untuk "memperbesar" ukuran setiap piksel yang ada guna meningkatkan kepekaan cahaya dan kualitas foto.

Caranya adalah dengan menggabungkan tiap empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel berukuran lebih besar. Maka, resolusi foto hasil akhir pun menjadi 12 megapiksel (48 megapiksel dibagi 4).

"Jadi, dari setiap piksel yang ada itu, dari 0,8 mikron, diperbesar menjadi 1,6 mikron," sebut Yoga, sambil menambahkan bahwa teknik Quad Pixel yang juga dikenal dengan nama pixel binning itu meningkatkan kualitas hasil akhir, terutama dalam kondisi minim cahaya.

"Karena density-nya lebih tinggi, kamera utama ini bisa menerima cahaya lebih baik dibandingkan kamera ponsel lainnya," tambahnya.

Seperti diketahui, Vivo V15 Pro dibekali dengan tiga kamera belakang. Kamera utama beresolusi 48 megapiksel dengan menggunakan sensor berukuran 1/2,25 inci dengan bukaan lensa f/1.8. Sensor tersebut memiliki 48 juta piksel fisik yang masing-masing berukuran 0,8 mikron.

Baca juga: Kamera Smartphone Kini Tembus 48 Megapiksel, Buatan Sony

Kamera kedua memiliki sensor 8 megapiksel (lensa ultra-wide 120 derajat, f/2.4). Sementara kamera ketiga memiliki sensor 5 megapiksel yang berfungsi sebagai depth sensor untuk penerapan efek bokeh.

Kamera belakang Vivo turut dibekali dengan fitur AI Super Night Mode dan AI Super Wide-Angle untuk mempercantik hasil jepretan.

"Ketika menggunakan Super Night Mode, Vivo V15 Pro akan mengambil foto hingga 6-8 kali dan mengambil foto yang paling bagus," ujar Yoga

“Kamera AI Super wide-angle di ponsel ini juga bisa menangkap gambar dengan bidang pandang hingga seluas 120 derajat," pungkasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X