Google Fit Mulai Tersedia di iOS

Kompas.com - 26/04/2019, 08:04 WIB
Tampilan aplikasi Google Fit di iOS 9toGoogleTampilan aplikasi Google Fit di iOS

KOMPAS.com - Setelah empat tahun hadir di Android, aplikasi kesehatan Google Fit kini mulai tersedia di iOS. Google Fit akan terintegrasi dengan aplikasi Apple Health besutan Apple secara penuh.

Itu artinya, Google Fit bisa melacak aktivitas olahraga pengguna melalui Apple Watch. Google Fit juga terintergasi dengan pergerakan data dari aplikasi yang terkoneksi dengan Apple Health, seperti Sleep Cycle, Nike Run, dan Headspace.

Sebelumnya, Google Fit telah merombak aplikasinya pada Agustus lalu dengan fokus pada dua metrik. Aplikasi ini lebih fokus pada "smart activity goals" yang dirancang Google sesuai dengan American Heart Association.

Salah satu metriknya adalah "Move Minutes" yang melacak aktivitas fisik seperti berjalan, melakukan yoga, pekerjaan sehari-hari, dan sebagainya. Metrik baru akan menghitung setelah terekam 30 langkah atau lebih.

Baca juga: Google Fit, Aplikasi Kesehatan dari Google

Satu metrik lainnya adalah "Heart Point" yang berfungsi untuk melacak aktivitas ringan, seperti jalan cepat lebih dari 100 langkah per menit. Apabila pengguna melakukan latihan lebih intensif, poin yang dihasilkan bisa mencapai dua poin per menit.

Kedua metrik digambarkan dalam bagan cincin di sekitar gambar profil di tab Home. Di bawahnya, akan tercantum jumlah langkah, kalori, dan jarak yang telah ditempuh dengan grafik per hari.

Google Fit akan terus melacak kemajuan aktivitas yang dilakukan penggunanya untuk kemudian menyesuaikan target dari olahraga tersebut.

Dikarenakan terintegrasi dengan Apple Health, Google Fit akan menarik informasi jumlah langkah dan jarak yang direkam Apple Health untuk menghitung Move Minutes dan Hearts Points. Termasuk data yang dihimpun oleh iPhone maupun Apple Watch yang digunakan.

Google Fit juga memiliki tab "Journal" yang merangkum semua riwayat aktivitas harian pengguna. Aplikasi ini lebih cocok disebut sebagai agregator data kesehatan, bukan pembuat data kesehatan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari 9to5Google, Jumat (26/4/2019).

Saat ini, Google hanya menghimpun data untuk kalkulasi Move Minutes dan Heart Points, yang lebih baik ketimbang hanya mengukur langkah penggunanya saja.

Pengguna iOS sudah bisa mengunduh aplikasi Google Fit di App Store melalui tautan berikut ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber 9to5Google
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X