Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Browser Berbayar dari Firefox Dilengkapi VPN dan "Cloud Storage"

Kompas.com - 11/06/2019, 18:13 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Firefox diam-diam punya rencana untuk merilis peramban versi berbayar. Versi berbayar ini menawarkan beberapa layanan ekstra, seperti VPN dan cloud storage.

CEO Mozilla, Chris Beard mengungkapkan sendiri kabar tersebut. Ia mengatakan, layanan yang selama ini gratis tidak akan dikenakan biaya.

"Jadi kami akan meluncurkan layanan berlangganan dan menawarkan level premium. Rencananya, layanan pertama tersebut akan rilis tahun ini menuju musim gugur. Kami targetkan bulan Oktober," ungkap Beard.

Rencana ini sejatinya masih digodok secara internal. Sehingga, Beard juga belum membeberkan secara gamblang bagaimana skema layanan Firefox premium nantinya dan berapa biaya berlangganannya.

Baca juga: Mozilla Siapkan Fenix, Browser Android Pengganti Firefox

Salah satu perwakilan Mozilla hanya mengatakan bahwa perusahaannya masih mematangkan rencana ini.

"Kami kemungkinan akan meluncurkan beberapa layanan baru dulu dan nantinya akan kami pikirkan lebih cermat tentang model yang paling tepat, sementara memastikan pula keamanan terbaik bagi pengguna," tulis perwakilan Mozilla.

VPN bukanlah bisnis baru Mozilla. Sebelumnya, peruahaan peramban ini bekerja sama dengan ProtonVPN untuk menawarkan langganan VPN seharga 10 dollar AS atau Rp 142.500 per bulan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Selasa (11/6/2019).

Baca juga: Begini Cara Pasang VPN di Browser Opera

Beard juga mengungkapkan, ia ingin menambah cakupan layanan untuk Firefox Premium dan lebih fokus untuk meningkatkan hubungan dengan konsumennya demi memperkuat bisnis Mozilla.

Ia mengklaim 90 persen pendapatan dari Mozilla memang berasal dari mesin pencariannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com