Kompas.com - 03/07/2019, 22:31 WIB
Ilustrasi aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger ARUN SANKAR / AFPIlustrasi aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger

KOMPAS.com - Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp kembali down atau tumbang malam ini, Rabu (3/7/2019). Ini menjadi peristiwa tumbangnya layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram, setidaknya untuk yang ketiga kalinya semenjak awal 2019.

Banyak pengguna WhatsApp yang mengeluh tidak bisa mengunduh file media seperti foto. Ada pula yang mengeluh tidak bisa menerima dan mengirim pesan.

Beberapa pengguna Instagram mengaku gagal mengunduh Stories, meski masih bisa menyegarkan beranda. Di situs Facebook, pengguna mengaku sulit melakukan log-in dan foto di Facebook Stories tidak bisa dimuat.

Menurut situs pendeteksi layanan online, Downdetector, ada 1.630 laporan secara global yang masuk terkait tumbanganya WhatsApp hingga pukul 22.00 WIB. Sementara Instagram memiliki 12.574 laporan, dan Facebook memiliki 7.180 laporan di jam yang sama.

Baca juga: 3 Cara Melihat Instagram Story Tanpa Ketahuan

Dilihat dari sebaran peta Downdetector, error-nya WhatsApp banyak dirasakan di wilayah Eropa dan Amerika Selatan. Sementara Instagram dan Facebook banyak dikeluhkan penggunanya di Eropa dan Amerika.

Kendati demikian, beberapa pengguna Facebook, WhatsApp, dan instagram di Indonesia juga mengeluhkan hal yang sama. Banyak pengguna mengeluhkannya di Twitter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, tagar #whatsappdown dan #instagramdown menjadi trending topic lokal.

Ini bukan kali pertama ketiga aplikasi populer itu tumbang. Hingga berita ini ditulis, Facebook selaku induk perusahaan belum memberikan pernyataan.

Baca juga: Ini Penyebab Facebook, Instagram, dan WhatsApp Gangguan Berjam-jam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.