Google Tandai Pemadaman Listrik di Jawa sebagai Kejadian Darurat

Kompas.com - 05/08/2019, 16:05 WIB
Ilustrasi listrik, meteran listrik ShutterstockIlustrasi listrik, meteran listrik

KOMPAS.com - Pemadaman listrik yang telah berlangsung selama belasan jam di wilayah Jawa Barat, Jakarta, dan Banten membuat Google menandai kejadian ini sebagai kondisi darurat.

Google memberikan label "peringatan SOS" pada hasil pencarian terkait pemadaman listrik di Pulau Jawa ini. Pun demikian di aplikasi Google Maps.

Label tersebut tidak sembarangan disematkan oleh Google. Google akan mempertimbangkan sejumlah faktor untuk menentukan, apakah kejadian tersebut layak atau tidak dikategorikan sebagai kondisi darurat.

Dikutip KompasTekno dari halaman Google Support, Senin (5/8/2019), label peringatan SOS dibuat untuk mempermudah akses informasi yang berkaitan dengan kondisi darurat yang terjadi.

Google menandai kejadian mati listrik di Jawa sebagai peringatan darurat.Yudha Pratomo/KompasTekno Google menandai kejadian mati listrik di Jawa sebagai peringatan darurat.
Google menyatakan, peringatan ini akan muncul saat terjadi krisis yang disebabkan manusia atau alam.

Baca juga: Mati Listrik di Jawa Muncul di Google Maps

Kendati demikian tak semua kondisi dapat serta-merta dilabeli dengan status SOS. Google mempertimbangkan sejumlah faktor seperi konektivitas internet di area yang terkena dampak, ketersediaan konten resmi dari pemerintah, hingga seberapa besar dampak yang ditimbulkan.

Jika melihat dari beberapa faktor yang dijabarkan Google, kejadian pemadaman listrik (black out) ini memang dapat dikategorikan sebagai kondisi darurat.

Mengingat skalanya yang begitu luas, kemudian mendapat perhatian besar dari pemerintah, serta dampak yang ditimbulkan berimbas pada berbagai sektor.

"Kami memiliki tim yang tersebar di seluruh dunia yang mengumpulkan konten dari lembaga pemerintah, responden pertama, media yang tepercaya, dan LSM. Kami juga mengumpulkan informasi dari produk dan layanan Google lainnya, seperti Google Berita, Google Maps, Waze, dan sebagainya," tulis Google.

Kejadian yang ditandai sebagai kondisi darurat tersebut akan tampil di halaman pertama hasil pencarian Google dan berada pada posisi paling atas. Selain itu Google juga akan menandai dengan latar berwana merah.

Mati listrik di Pulau Jawa muncul di Google MapsYudha Pratomo/KompasTekno Mati listrik di Pulau Jawa muncul di Google Maps

Baca juga: Mati Listrik, Ini 10 Cara Hemat Baterai Smartphone

Dalam kejadian pemadaman listrik ini, ketika pengguna mengetikkan kata kunci " mati listrik" maka Google akan menampilkan serangkaian konten yang berkaitan dengan kejadian tersebut.

Seperti misalnya berita-berita dari media terpercaya, hingga peta lokasi pemadaman yang muncul lewat layanan Google Maps.

Pemadaman di wilayah Jawa Barat, Jakarta dan Banten sendiri sudah berlangsung sejak Minggu, (4/8/2019) siang kemarin. Pemadaman serentak ini terjadi disebabkan adanya gangguan di Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV Ungaran-Pemalang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X