Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian di Google Akan Bisa Dilakukan dengan "Screenshot"

Kompas.com - 17/09/2019, 19:19 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Google akan membuat penggunanya semakin mudah melakukan penelusuran melalui aplikasinya. Perusahaan search engine ini sedang menggodok fitur baru bernama "Smart Screenshot" di aplikasi Google versi 10.61 yang belum resmi dirilis.

Fitur ini akan memungkinkan penelusuran informasi di aplikasi Google menggunakan screenshot atau tangkapan layar yang dipindai menggunakan Google Lens.

Dari penguraian kode yang dilakukan 9to5Google, opsi pencarian melalui screenshot akan muncul secara otomatis setelah tangkapan layar diambil. 

Opsi tersebut akan muncul di bawah bersamaan dengan fitur "Edit and Share".

Baca juga: Orang yang 22 Tahun Hilang Tak Sengaja Ditemukan lewat Google Maps

Smart Screenshot memang mengombinasikan fitur "Edit & Share Screenshot" dan "What's on my Screen" yang didukung teknologi artificial intelligence (AI).

Hingga saat ini, di fitur "Edit and Share" hanya memiliki beberapa opsi seperti potong (crop), anotasidan membagikan gambar saja.

Nantinya, opsi tersebut akan ditambah dengan Google Lens yang berfungsi untuk memindai hasil tangkapan layar

Ikon Google Lense muncul sebagai salah satu opsi di penyuntingan gambar tangkapan layar untuk melakukan pemindaian lalu pencarian di aplikasi Google Search.9to5Google Ikon Google Lense muncul sebagai salah satu opsi di penyuntingan gambar tangkapan layar untuk melakukan pemindaian lalu pencarian di aplikasi Google Search.

Seperti diketahui, Google Lens memiliki optical character recognition (OCR) yang bisa memindai teks.

OGR akan memindai teks di dalam tangkapan layar yang kemudian akan diarahkan ke aplikasi Google untuk melakukan pencarian.

Selain teks, Google Lens juga bisa memindai gambar yang ada di tangkapan layar dan kemudian melakukan penelusuran untuk menemukan gambar yang identik.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (17/9/2019), belum diketahui pasti apakah fitur ini hanya akan terbatas di aplikasi Google saja atau bisa menggunakan aplikasi pencarian lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com