Kamera Pixel 4 Belum Mampu Tekuk Huawei Mate 30 Pro di DxOMark

Kompas.com - 25/10/2019, 11:07 WIB
Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL tampak belakang. Angela Lang/CNETGoogle Pixel 4 dan Pixel 4 XL tampak belakang.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Awal pekan ini, situs benchmarking kamera DxOMark merilis ulasan kamera smartphone flagship  Google Pixel 4 yang telah diperkenalkan pada pertengahan Oktober.

Berdasarkan situs tersebut, Pixel 4 berhasil mencatat skor keseluruhan performa kamera dengan nilai 112 poin.

Meski angka itu terbilang masih cukup bagus, Pixel 4 ternyata belum bisa menyabet gelar ponsel dengan kamera terbaik yang saat ini masih diduduki oleh Huawei Mate 30 Pro.

Baca juga: Kamera Huawei Mate 30 Pro Dinobatkan sebagai Yang Terbaik

Bahkan, di atas Pixel 4 masih ada sederet ponsel flagship lainnya seperti Galaxy S10 5G, OnePlus 7 Pro, hingga Honor 20 Pro yang masing-masing memperoleh skor total 117, 114, dan 113 poin.

Pixel 4 bisa kalah dari sejumlah ponsel flagship tersebut, misalnya Mate 30 Pro, lantaran ponsel bikinan Google ini tidak punya kamera ultra wide dan kamera 3D ToF.

Pixel 4 sendiri mengusung konfigurasi kamera belakang ganda yang terdiri dari kamera utama 12 megapiksel (f/1.7, wide, PDAF, OIS) dan kamera telephoto 16 megapiksel (f/2.4, 45mm, 2x optical zoom, OIS).

 

Ilustrasi benchmark kamera Pixel 4 di situs DxOMark.DxOMark Ilustrasi benchmark kamera Pixel 4 di situs DxOMark.

 

Lebih lanjut, di ranah penjepretan, Pixel 4 memperoleh skor keseluruhan 117 poin, terpaut 4 poin dari sang "raja kamera" Mate 30 Pro (121 poin).

Meski demikian, DxOMark mencatat kualitas foto yang dihasilkan Pixel 4 secara keseluruhan terbilang masih cukup bagus dengan detail objek yang cukup baik dan rendering warna yang akurat dalam berbagai kondisi, baik indoor maupun outdoor.

Nah, pada mode perekaman video, Pixel 4 justru mulai menunjukkan kemampuannya. Skor Pixel 4 lebih tinggi 1 poin dibandingkan Mate 30 Pro (100 poin).

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL

Hal itu disebabkan karena Pixel 4 punya fitur adaptive frame rate dipadukan dengan sensor penstabil gambar (OIS) yang bisa merekam video dengan mulus dalam kondisi pencahayaan yang cukup.

Kendati demikian, noise bakal sangat terlihat ketika Pixel 4 digunakan untuk merekam kondisi dengan pencahayaan minim, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DxOMark, Jumat (25/10/2019).

Bagi Anda yang penasaran seperti apa ulasan kamera Pixel 4 secara lengkap, informasi tersebut bisa disimak di laman DxOMark pada tautan berikut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber DxOMark
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X