XL Mulai Bangun BTS USO di NTT, Ende yang Pertama

Kompas.com - 28/10/2019, 11:33 WIB
Manajemen XL Axiata dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meresmikan salah satu BTS USO di Desa Aewora, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, NTT, Senin (28/10/2019). KOMPAS.com/ROBERTUS BELARMINUSManajemen XL Axiata dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meresmikan salah satu BTS USO di Desa Aewora, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, NTT, Senin (28/10/2019).

ENDE, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk ( XL Axiata) terus melanjutkan pembangunan jaringan telekomunikasi dan data di daerah-daerah terpencil melalui skema universal service obligation ( USO) di tahun 2019 ini.

Guna menandai pembangunan jaringan USO di NTT dan kawasan timur Indonesia (KTI) lainnya, XL Axiata dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meresmikan salah satu BTS USO di Desa Aewora, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, NTT, Senin (28/10/2019).

Desa Aewora merupakan desa terpencil. Sebelum beroperasinya BTS USO ini, desa tersebut hanya memiliki jaringan 2G, yang artinya hanya bisa melayani komunikasi suara (telepon) dan teks (sms).

Kini, setelah BTS USO tersebut beroperasi, warga setempat sudah dapat menikmati jaringan 4G selain 2G.

Baca juga: XL Luncurkan Paket Telepon Sepuasnya Mulai Rp 100.000

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan, pihaknya bangga karena diberikan kesempatan oleh pemerintah untuk terus ikut berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi melalui program USO ini.

"XL Axiata memiliki spirit yang yang sejalan dengan visi pemerintah dalam menyediakan jaringan telekomunikasi dan data/internet bagi masyarakat di daerah-daerah terpencil," kata Yessie.

Tujuannya, agar warga segera dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain dan memajukan wilayahnya.

Ini sekaligus mempercepat pembangunan nasional yang dilaksanakan pemerintah.

Semua titik BTS USO yang dibangun XL Axiata tahun ini berada di 51 kabupaten, sebagian besar di antaranya ada di kawasan tengah dan timur Indonesia, termasuk Sulawesi, NTT, Maluku, dan Papua.

Pembangunan jaringan USO di titik-titik tersebut telah mulai dilaksanakan sejak Oktober 2019 dan akan tuntas sebelum akhir tahun ini.

XL Axiata merupakan operator telekomunikasi pertama yang on air jaringan USO di 2019. Dari seluruh 289 BTS USO yang dibangun merupakan BTS 4G.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X