Game Xbox Akan Bisa Dimainkan Lewat Ponsel Android

Kompas.com - 31/10/2019, 17:42 WIB
Cara kerja Xbox Console Streaming lebih mirip dengan PS4 Remote Play. Phone ArenaCara kerja Xbox Console Streaming lebih mirip dengan PS4 Remote Play.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Microsoft baru saja memperkenalkan Xbox Console Streaming untuk ponsel Android. Sesuai namanya, melalui aplikasi ini pengguna Xbox akan dapat memainkan game yang dimilikinya melalui ponsel Android lewat mekanisme streaming.

Namun jangan bayangkan aplikasi ini akan bekerja seperti Google Stadia yang tak membutuhkan konsol tambahan. Sebab untuk memainkan game lewat Xbox Console Streaming, pengguna tetap membutuhkan konsol Xbox One.

Cara kerja Xbox Console Streaming pun bisa dibilang lebih mirip dengan PS4 Remote Play. Pengguna hanya berpindah medium permainan dari konsol ke ponsel.

Baca juga: Apa Itu Google Stadia, Layanan Streaming Game yang Tak Butuh Konsol?

Fitur ini baru tersedia untuk wilayah Amerika Serikat dan Britania Raya (UK) saja. Itu pun hanya pengguna yang sudah mendaftar pada program Xbox Insider yang bisa mencobanya.

Dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (31/10/2019), untuk bermain game Xbox lewat Xbox Console Streaming, ponsel Android yang digunakan minimal harus dibekali sistem operasi Android 6.0.

Koneksi internet yang dibutuhkan pun harus cukup cepat agar dapat meminimaliasasi terjadinya lag atau gerakan putus-putus. Koneksi minimum yang direkomendasikan adalah 10 Mbps download speed dan 4,75 Mbps upload speed.

Perlu dicatat agar pengguna bisa menyalakan dan memainkan Xbox One dari jarak jauh, opsi "instant-on" pada konsol Xbox yang digunakan harus menyala.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Fitur Cloud Gaming Project xCloud untuk Xbox

Selain itu karena aplikasi ini masih dalam tahap uji coba, masih ada sejumlah bug seperti respon yang sedikit terlambat hingga kesalahan fungsi kontrol. Pengguna Xbox One yang ingin mencoba bisa mengunduhnya melalui tautan berikut.

Selain Xbox Console Streaming, Microsoft juga sejatinya tengah menggarap layanan streaming game xCloud.

Layanan ini serupa dengan Google Stadia di mana pengguna cukup berlangganan layanan setiap bulan dan menyediakan koneksi internet cepat untuk bisa memainkan game berkualitas tinggi pada perangkat Android.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X