Ini Penyebab Windows Mobile Kalah dari Android Menurut Bill Gates

Kompas.com - 11/11/2019, 13:07 WIB
Bill Gates ketika menunjukan toples berisi tinja manusia di depan peserta Reivented Toilet Expo CNNBill Gates ketika menunjukan toples berisi tinja manusia di depan peserta Reivented Toilet Expo
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Android saat ini boleh dibilang sebagai sistem operasi terpopuler sejagat. Ekosistem Android semakin besar seiring dengan jumlah smartphone yang semakin melimpah.

Saat ini pasar sistem operasi mobile dikuasai oleh Android dan iOS. Namun jauh sebelum itu, OS ponsel besutan Microsoft, Windows Mobile, juga pernah punya porsi pangsa pasar meski tak banyak.

Pendiri Microsoft, Bill Gates mengungkapkan alasan mengapa Windows Mobile kalah berkembang ketimbang Android, dalam acara Konferensi DealBook yang digelar oleh The New York Times pekan lalu.

Baca juga: Mantan Pegawai Ungkap Sebab Kegagalan Nokia Windows Phone

Menurut dia, salah satu penyebab terbesar adalah masalah gugatan anti-trust (monopoli) yang menerjang Microsoft di penghujung dekade 1990-an. Gara-gara hal tersebut, perhatian Microsoft teralihkan sehingga tak konsentrasi mengembangkan OS mobile untuk gadget.

"Padahal kami sudah dekat sekali (dalam mengembangkan OS mobile). Tapi perhatian saya terlalu teralihkan dan saya gagal," kata Gates yang ketika itu masih menjabat sebagai CEO Microsoft."

"Kalau bukan karena kasus anti-trust, Anda akan menggunakan Windows Mobile sekarang, bukan Android," tambahnya, seperti dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (11/11/2019).

Baca juga: 2019, Tahun Terakhir WhatsApp di Windows Phone

Fokus Microsoft yang terbelah berujung pada kehadiran Windows Mobile yang terlambat. Gates mengatakan OS itu telat hadir sehingga tak bisa dipasang di sebuah ponsel Motorola yang akan diluncurkan.

Games tidak menjelaskan ponsel Motorola mana yang dimaksud, ataupun waktu rilisnya. Boleh jadi ia mengacu pada Motorola Droid yang meluncur di AS 10 tahun lalu.

Ponsel berbasis OS Android ini mendapat sambutan hangat di pasaran dan membantu mengukuhkan posisi Android di tengah-tengah persaingan dengan iOS, Windows Mobile, dan BlackBerry.

Microsoft kemudian mengubah nama Windows Mobile menjadi Windows Phone 7 yang hadir di sejumlah ponsel HTC pada 2010, dua tahun setelah smartphone Android pertama -yang juga bikinan HTC- dirilis ke pasar.

Baca juga: Berakhirnya Era Windows Phone

Meski mengusung desain antarmuka baru yang segar dengan basis tile aplikasi, kehadiran Windows Phone 7 sudah terlambat. Perlahan tapi pasti, posisi Windows Phone terus tergeser hingga akhirnya dihabisi pangsa pasarnya oleh iOS dan Android, senasib dengan BlackBerry.

Tumbangnya Microsoft di ranah mobile, menurut Gates, merupakan kesalahan tebesarnya sepanjang berkiprah di perusaahaan tersebut.

"Ini adalah permainan di mana pemenang memborong semua hadiah. Sekarang tak ada seorang pun yang pernah mendengar Windows Mobile. Ada ratusan miliar dollar AS (kehilangan Microsoft dari pasar mobile) yang menguap," keluhnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X