Intel Perkenalkan Arsitektur GPU "Ponte Vecchio"

Kompas.com - 21/11/2019, 13:01 WIB
Intel GPU Ponte Vecchio IntelIntel GPU Ponte Vecchio
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Akhir pekan lalu, Intel memperkenalkan arsitektur pengolah grafis ( GPU) Ponte Vechhio yang merupakan turunan dari arsitektur grafis Xe.

Meski merupakan keluarga Xe yang turut mencakup arsitektur GPU gaming, Ponte Vecchio tidak ditujukan bagi pengguna rumahan, melainkan pemakaian di data center untuk tugas-tugas terkait kecerdasan buatan (AI) dan high-performance computing (HPC).

Arsitektur Xe secara garis besar memang terdiri dari tiga desain utama, yakni "LP" untuk grafis terintegrasi di prosesor, "HP" untuk segmen enthusiast, dan data center/ AI, serta HPC untuk high-performance computing.

Baca juga: Produksi Prosesor Intel dengan Pengolah Grafis AMD Radeon Dihentikan

Intel pun mengklaim Ponte Vecchio merupakan GPU berbasis Xe pertama bikinan perusahaan yang dioptimalkan untuk beban kerja HPC dan AI.

Menurut SVP, Chief Architect, dan General Manager of Architecture Intel, Raja Koduri, Ponte Vecchio dihadirkan untuk menyelaraskan GPU dengan komponen komputer lain yang memiliki arsitektur beragam.

"Beban kerja HPC Dan AI menuntut arsitektur beragam, mencakup CPU, GPU dan FPGAs, hingga NNP yang memproses pembelajaran lebih mendalam," ujar Raja dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (21/11/2019).

Di balik arsitektur, Ponte Vecchio dimanufaktur dengan teknologi fabrikasi 7 nanometer (nm). GPU ini juga dirancang dengan teknologi pengemasan chip 3D terkini besutan Intel yang disebut dengan "Foveros".

Ada pula teknologi lain yang menyertai GPU ini, seperti desain multi-die interconnect bridge (EMIB), hingga kemampuan interkoneksi dengan Computer Express Link.

Baca juga: Apple Umumkan Beli Bisnis Modem Intel Rp 13 Triliun

Untuk debutnya, pihak Intel sesumbar Ponte Vecchio bakal dipamerkan ketika GPU ini ditanam di Supercomputer "Aurora" di Laboratorium Nasional Argonne, AS pada 2021 mendatang.

Ada sebanyak enam GPU Ponte Vecchio yang bakal menopang supercomputer tersebut, berikut dua prosesor scalable Xeon "Sapphire Rapids" yang diintegrasikan dengan satu model pemrograman teranyar, oneAPI.

Bos Intel, Bob Swan mengatakan produk GPU berbasis Xe untuk komputer data center kemungkinan bakal diluncurkan pada 2021.

Ia melanjutkan, GPU dengan arsitektur Xe untuk komputer gaming mainstream bakal hadir sekitar 2020 mendatang, namun kemungkinan bakal dirancang dengan teknologi fabrikasi 10nm, bukan 7nm seperti untuk data center.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X