Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube TV Hadir di PS4 Gantikan PlayStation Vue

Kompas.com - 22/01/2020, 16:05 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selang dua tahun hadir di konsol Microsoft Xbox One, layanan berbayar YouTube TV akhirnya tersedia di konsol Sony PlayStation 4 (PS4) bagi pengguna di Amerika Serikat (AS).

Pengumuman ini disampaikan pihak YouTube lewat sebuah postingan di jejaring sosial Twitter.

Diketahui, YouTube TV merupakan layanan berlangganan YouTube untuk para pengguna di Amerika Serikat (AS), yang menawarkan siaran langsung dari aneka saluran (channel) TV ternama, seperti FOX, CNN, ABC, ESPN, dan sebagainya.

Baca juga: Sony PlayStation Absen di E3 2020, Ada Apa?

Artinya, pengguna bisa menonton beragam saluran TV kabel, yang jumlahnya diklaim mencapai 70-an lebih, langsung dari PS4 tanpa set-top-box (STB) atau alat serupa lain.

Pengguna di AS bisa mengunduh aplikasi YouTube TV secara gratis di PS4 mereka masing-masing lewat PlayStation Store dengan mengunjungi tautan berikut.

Pengganti PlayStation Vue

Sebelum YouTube TV tersedia di PS4, Sony sebenarnya punya layanan serupa bikinan perusahaannya, dengan nama PlayStation Vue. 

Layanan TV berbayar yang didirikan sejak 2015 itu memungkinkan pelanggan menonton sejumlah channel TV internasional, serupa dengan YouTube TV. 

Namun, layanan tersebut bakal dihentikan pada akhir Januari ini, lantaran Sony mengakui adanya persaingan yang ketat di bisnis TV berbayar. Sony pun mengatakan bakal fokus ke bisnis game saja. 

Baca juga: Pertama Kali, Langganan Streaming Video Lewati TV Kabel

Adapun informasi penghentian layanan PlayStation Vue diumumkan Sony di situs resminya. 

"Dengan berat hati Sony Interactive Entertainment bakal menghentikan layanan PlayStation Vue pada 30 Januari 2020," ujar pihak Sony sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs PlayStation, Rabu (22/1/2020).

"Ketika layanan PlayStation Vue berakhir, Anda bisa mempertimbangkan YouTube TV sebagai alternatif untuk menonton aneka saluran TV," imbuh mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com