Sony Raup Untung selama Pandemi, Terbesar bukan dari Konsol PS4

Kompas.com - 12/08/2020, 18:13 WIB
Deretan game PS4. KOMPAS.com/Bill ClintenDeretan game PS4.

KOMPAS.com - Meski kebanyakan bisnis mengalami kesulitan di tengah pandemi Covid-19, namun, beberapa perusahaan di sektor industri digital justru terdongkrak.

Sony, misalnya, perusahaan asal Jepang tersebut meraup untung dari penjualan game yang laris manis sejak kebijakan social distancing diterapkan.

Berdasarkan laporan fiskal yang diumumkan Sony pekan lalu, terjadi peningkatan 83 persen untuk total pendapatan belanja video game digital dari periode yang sama tahun lalu.

Dari peningkatan ini, Sony memperoleh pendapatan 3,72 miliar dollar AS atau sekitar Rp 54,9 triliun. Angka tersebut baru sebatas pendapatan dari penjualan game digital.

Dalam kurun waktu tersebut, Sony dilaporkan telah menjual lebih dari 112 juta konsol PS4 dan memiliki sebanyak 44,9 juta pengguna layanan PlayStation Plus. 

Baca juga: Stik PS4 Bisa Dipakai di PS5, tetapi Ada Batasan

Dengan performa tersebut, secara keseluruhan Sony mencatat adanya kenaikan pendapatan sebanyak 36 persen selama periode April hingga Juni 2020.

Sony menyebut, melonjaknya pendapatan yang dialami perusahaan dipengaruhi oleh kehadiran sejumlah game populer, seperti The Last of Us Part II dan Ghost of Tsushima.

Pada April lalu, berdasarkan hasil riset dari lembaga SuperData, pendapatan dari belanja video game digital di semua platform selama Maret 2020 mencapai 10 miliar dollar AS (Rp 154 triliun).

Angka tersebut merupakan rekor terbesar yang dicatat dalam satu bulan dan meningkat 11 persen secara year-over-year dibandingkan Maret 2019, saat pendapatan industri tercatat sebesar 9 miliar dollar AS (Rp 138,6 triliun).

Baca juga: Harga PS5 Bocor Lagi, Termurah Rp 5,8 Juta?

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (12/8/2020), selain penjualan game digital, peluncuran konsol next gen PlayStation 5 ( PS5) juga dipercaya akan membuat Sony untung. Diprediksi pendaptannya akan terdongkrak 31 persen lebih tinggi daripada biasanya.

Berdasarkan laporan media Jepang, Nikkei, diketahui bahwa Sony awalnya akan memproduksi jumlah 6 juta unit PS5. Namun kini, jumlah tersebut ditingkatkan lebih dari 50 persen menjadi 10 juta unit.



Sumber The Verge

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X