Fitur Baru S-Pen dan Samsung Notes di Galaxy Note 20 Ultra

Kompas.com - 12/08/2020, 13:03 WIB
Layar Galaxy Note 20 Ultra. Kompas.com/Wahyunanda KusumaLayar Galaxy Note 20 Ultra.

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Note 20 series resmi meluncur pada 5 Agustus lalu. S Pen menjadi salah satu nilai jual utama Galaxy Note dibanding seri Galaxy lainnya. Tentu saja, Samsung menyematkan beberapa peningkatan fitur di stylus pen untuk Galaxy Note 20.

"Pada Samsung Galaxy Note20 ini kami telah memberikan peningkatan pada performa dan fitur dari S Pen sendiri," jelas Taufiqul Furqan, Product Manager Samsung Electronics Indonesia, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (11/8/2020).

Taufiq mengatakan, salah satu peningkatan paling penting adalah penurunan latensi. Di Galaxy Note 20 Ultra angka latency hanya 9 milidetik. Sementara S Pen di Galaxy Note 20 reguler memiliki latency yang lebih besar, yakni 23 milidetik.

Baca juga: Mengenal Teknologi di Balik Layar Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Angka itu jauh lebih kecil dibanding S Pen di Galaxy seri sebelumnya yang mencapai 42 milidetik. Dengan penurunan tingkat latency, goresan S Pen menjadi lebih responsif dan presisi, bak menulis di atas kertas.

"Selain itu kami juga menambahkan beberapa gerakan baru pada Air Gesture di S Pen, kemampuan untuk membuat folder, sinkronisasi otomatis, serta Audio Bookmark pada Samsung Notes," imbuh Taufiq.

Audio Bookmark

Ada satu lagi fitur baru bernama Audio Bookmark. Fitur ini memudahkan pengguna mencatat di Samsung Notes sekaligus merekam audio. Audio Bookmark memberikan timestamp pada Voice Notes dan melakukan sinkronisasi dengan catatan yang dibuat.

Sehingga, apabila ada kata-kata yang terlewat, rekaman bisa kembali diputar untuk melengkapi catatan. Cukup tekan tombol play di kanan atas S Notes, lalu ketukkan S Pen ke poin yang ingin didengarkan ulang.

Apabila tulisan miring karena mencatat terburu-buru, pengguna bisa merapikannya dengan fitur Auto Straightness.

Baca juga: Sama-sama Ultra, Ini Beda Samsung Galaxy Note 20 dan S20 Versi Termahal

Samsung Notes di Galaxy Note 20 series juga masih mengusung fitur S Pen yang sebelumnya sudah ada, seperti mengubah tulisan tangan ke teks, screen-off memo untuk pintasan catatan, dan mengonversi file menjadi format PPT, word, serta PDF.

Fitur Folder dan Auto Synchronize

Samsung Notes kini menyediakan fitur Folder yang bisa digunakan untuk merapikan catatan.
Dengan merapikannya, pengguna akan lebih mudah mecari catatan sesuai Folder yang dibuat.

Samsung Notes juga telah dapat tersinkronisasi secara otomatis pada setiap perangkat yang dimiliki pengguna untuk memastikan file yang tersimpan tetap update meski di perangkat berbeda.

 



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X