Kompas.com - 14/08/2020, 10:22 WIB

KOMPAS.com - Setelah dihapus dari App Store, kini game battle royale "Fortnite" besutan Epic Games juga telah diturunkan dari toko aplikasi Google Play Store.

Hal tersebut dilakukan lantaran Fortnite dianggap telah melanggar aturan sistem pembayaran pada aplikasi, yang diterapkan oleh App Store dan Google Play Store.

Epic Games dituding telah merancang mekanisme khusus untuk memungkinkan pengguna dapat melakukan transaksi pembayaran, yang dinilai bertentangan dengan kebijakan yang berlaku.

Baca juga: Epic Games Pastikan Tidak Ada Fortnite Versi Ringan

"Kami menghapus Fortnite di Google Play Store karena telah melanggar kebijakan. Kami akan menyambut baik apabila Epic ingin berdiskusi untuk mengembalikan Fortnite ke Google Play Store," kata Google dalam sebuah pernyataan.

Senada dengan Google, Apple juga menuturkan hal yang sama terkait alasan dihapusnya Fortnite di toko aplikasi App Store.

"Epic membuat metode pembayaran pada aplikasi yang bertentangan dengan Apple. Mereka telah melanggar pedoman App Store terkait pembayaran dalam aplikasi, yang berlaku untuk setiap pengembang yang menjual item atau komponen digital lainnya," tulis Apple.

Google dan Apple sendiri sama-sama mengambil pendapatan game secara keseluruhan sekitar 30 persen, sementara 70 persennya mengalir ke para pengembang.

"Game yang tersedia di Google Play Store dan menawarkan opsi pembelian dalam aplikasi harus mengikuti aturan dan metode pembayaran sesuai dengan kebijakan Google. Sistem kami mengambil potongan 30 persen, seperti yang diterapkan oleh Apple," kata Google.

Baca juga: Pembuat Fortnite Siapkan Toko Game Android Pesaing Play Store

Protes Epic Games

Menanggapi hal tersebut, Epic Games menunjukkan rasa protes terhadap keputusan yang diambil oleh Apple. 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.