Apple Rilis iOS dan iPadOS 13.6.1 untuk Perbaiki Bug "Layar Hijau"

Kompas.com - 14/08/2020, 11:01 WIB
iOS 13 resmi diluncurkan dalam ajang WWDC 2019 CnetiOS 13 resmi diluncurkan dalam ajang WWDC 2019
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pekan ini, Apple merilis pembaruan (update) iOS dan iPadOS dengan nomor versi 13.6.1. Pembaruan ini tak mendatangkan fitur baru, melainkan memperbaiki aneka masalah atau bug yang muncul dan dilaporkan oleh pengguna.

Salah satunya adalah masalah seputar sistem pendingin (thermal) yang bisa membuat warna layar berubah dan terkesan menjadi kehijauan.

Menurut sejumlah laporan, bug warna tersebut konon bakal muncul setelah pengguna beralih dari halaman lockscreen ke homescreen, menggunakan fitur Night Shift. Masalah juga muncul saat pengguna mengoperasikan iPhone di ruangan yang sangat gelap.

Masalah ini kabarnya dirasakan oleh sejumlah pengguna iPhone 11. Begini tampilannya sebagaimana diunggah oleh akun @RaghavTechie di Twitter.


Selain bug layar, pembaruan ini juga memperbaiki fitur Exposure Notification yang tidak bisa dipakai oleh sejumlah sejumlah pengguna.

Ada pula masalah seputar manajemen sistem file. iOS dan iPadOS 13.6.1 kini bisa membersihkan file sistem yang tidak penting ketika ruang di media penyimpanan tersisa sedikit.

Sebelumnya, beragam file sistem yang tidak diperlukan ini tidak bisa dihapus secara otomatis.

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian Update iOS 14

Bagi Anda yang merasakan aneka bug ini, ada baiknya untuk segera memperbarui iOS atau iPadOS versi 13.6 Anda ke versi 13.6.1.

Sebab, pembaruan tersebut sudah mulai disalurkan oleh Apple ke sejumlah perangkat iPhone, iPad, dan iPod touch yang mendukung.

Nah, untuk memperbarui versi iOS di iPhone, iPod touch, dan iPad, Anda cukup buka menu "Settings", lalu pilih "General" dan pilih menu "Software Update". Di sana, pilih opsi "Download and install".

Baca juga: 7 Fitur Baru iOS 14 yang Sudah Ada di Android Sejak Lama

Konon, ini adalah pembaruan iOS dan iPadOS versi 13 yang terakhir, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Jumat (14/8/2020).

Selanjutnya, atau sekitar bulan depan, Apple bakal menggelontorkan iOS dan iPadOS versi terbarunya, alias versi 14, kepada sejumlah perangkat Apple yang didukung. Benarkah? Kita nantikan saja.



Sumber GSM Arena
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X