Aplikasi Facebook Lite Disetop di Apple iOS

Kompas.com - 17/08/2020, 18:32 WIB
Facebook Lite, aplikasi Facebook versi ringan yang ditujukan untuk smartphone Android low-end Google Play StoreFacebook Lite, aplikasi Facebook versi ringan yang ditujukan untuk smartphone Android low-end

KOMPAS.com - Raksasa media sosial Facebook dikabarkan telah menghentikan layanan Facebook Lite. Hal ini pertama kali dilaporkan oleh situs berita teknologi Brasil, MacMagazine.

Penghentian layanan Facebook Lite juga telah dikonfirmasi oleh juru bicara Facebook, namun hanya berlaku bagi pengguna iOS saja. Dukungan terhadap platform Android hingga kini masih diteruskan.

Saat berita ini ditayangkan, aplikasi Facebook Lite juga sudah tidak bisa dicari di toko aplikasi App Store, termasuk saat KompasTekno mengaksesnya dari Indonesia.

Dihentikannya layanan Facebook Lite ini pertama kali disadari oleh para pengguna di Brasil ketika mereka mengakses aplikasi Facebook Lite di perangkat iOS.

Baca juga: Tiga Alasan Facebook Lite Cocok untuk Indonesia

Setiap kali pengguna membuka aplikasi tersebut, disuguhi pemberitahuan yang meminta pengguna untuk menutup aplikasi, dan menyarankan pengguna beralih ke aplikasi utama Facebook.

Notifikasi yang muncul saat pengguna berusaha membuka apliaksi Facebook Litenews.bytesapp Notifikasi yang muncul saat pengguna berusaha membuka apliaksi Facebook Lite

"Facebook Lite untuk iOS akan dinonaktifkan, Anda dapat menggunakan aplikasi utama Facebook untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga," demikian pesan yang tercantum dalam notifikasi tersebut.

Facebook kemudian mengonfirmasi, bahwa perusahaan akan segera menghentikan operasi Facebook lite pada perangkat iOS.

Baca juga: Google Rilis Aneka Game Ringan GameSnack, Bisa Dimainkan lewat GoJek

"Karena adopsi dan peningkatan yang kami buat untuk meningkatkan pengalaman pengguna hanya sedikit, maka kami menghentikan dukungan Facebook Lite untuk iOS," tutur juru bicara Facebook, dikutip Kompastekno dari Newsbytesapp, Senin (17/8/2020).

Belum diketahui apakah Facebook juga akan menerapkan langkah serupa untuk platform Android.

Facebook Lite sendiri meluncur di Indonesia sejak Juni 2015. Aplikasi ini menyasar pengguna ponsel yang memiliki spesifikasi terbatas alias low-end, serta pengguna di negara dengan koneksi internet lambat.

Fitur-fitur dan desain yang dianggap memberatkan sistem dihapus di Facebook Lite. Facebook mengklaim Facebook Lite hanya memakan memori 430 KB dan bisa diakses hanya dengan menggunakan jaringan 2G saja.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X