Joe Biden Jadi Presiden AS, Akun Twitter POTUS Mulai dari Nol

Kompas.com - 23/12/2020, 17:23 WIB
Akun Twitter resmi Presiden AS saat ini @POTUS Tangkapan layar Twitter @POTUSAkun Twitter resmi Presiden AS saat ini @POTUS
Penulis Galuh Putri
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Akun resmi milik Kepresidenan Amerika Serikat, @POTUS, rencananya akan di-reset oleh pihak Twitter ketika presiden terpilih Joe Biden dilantik pada 20 Januari 2021 mendatang.

Artinya, seluruh pengikut dan tweet akun @POTUS akan dihapus dan kembali menjadi nol. Kabar ini juga disampaikan Digital Campaign Presiden terpilih Joe Biden, Rob Flaherty, melalui sebuah kicauan Twitter.

"Twitter telah memberitahukan kepada kami bahwa sekarang perintahan Biden harus mulai dari (angka follower) nol," kicau Flaherty dalam tweet yang diunggahnya.

Baca juga: Retweet di Twitter Kini Bisa Disembunyikan, Begini Caranya

 

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheHill, Rabu (23/12/2020), Twitter mengonfirmasi pihaknya juga akan me-reset akun resmi lainnya milik pemerintahan AS seperti akun @WhiteHouse, @VP, @FLOTUS, @PressSec, @Cabinet, dan @LaCasaBlanca.

Seluruh akun tersebut juga akan dihapus pengikutnya setelah diambil alih oleh pemerintahan Biden.

Flaherty tampaknya tidak senang dengan perubahan kebijakan transisi akun pemerintahan ini. Ia mengatakan dalam sebuah kicauan Twitter bahwa tim Biden telah mengirim email kepada Twitter untuk menolak perubahan kebijakan tersebut dan keputusan itu "tegas".

Beda dari Trump

Peristiwa transisi akun Twitter milik pemerintahan AS era Biden ini berbeda dengan apa yang dilakukan Twitter empat tahun lalu ketika pemerintahan Trump mengambil alih akun dari pemerintahan Obama.

Saat itu, Twitter pada dasarnya hanya menggandakan akun yang ada dan mengarsipkan seluruh tweet era pemerintahan Obama, tanpa me-reset pengikut dari akun tersebut.

Baca juga: Pilpres AS Selesai, Cara Retweet di Twitter Kembali Seperti Semula

Mengacu pada rencana Twitter, nantinya, akun resmi @POTUS yang sekarang digunakan oleh Presiden Trump akan dibekukan dan diubah usernamenya menjadi @POTUS45, merujuk pada Presiden AS ke-45.

Halaman:


Sumber The Hill
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.