Cara Bikin Link WA dan Website di Bio Instagram dengan Linktree

Kompas.com - 13/04/2021, 16:29 WIB
ilustrasi Instagram user CNETilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Instagram menjadi salah satu media sosial yang populer, terutama untuk memamerkan karya dan produk untuk bisnis online.

Tidak hanya mengunggah foto atau video, banyak pula pengguna yang memanfaatkan fitur bio Instagram untuk mencantumkan link atau tautan.

Sayangnya, bio Instagram hanya memungkinkan satu link saja. Padahal, banyak pengguna - terutama pebisnis online - memiliki beberapa tautan yang harus dicantumkan, misalnya tautan ke WhatsApp Business, website mereka, dan akun e-commerce.

Baca juga: Cara Mengecek Akun Instagram Diblokir Teman atau Tidak

Untuk mengatasinya, ada cara untuk menghimpun beberapa link menjadi link terpadu, yakni menggunakan tool Linktree. Dengan Linktree, beberapa tautan bisa dikumpulkan menjadi sebuah link tunggal yang nantinya bsia dicantumkan ke Instagram.

Ketika di-klik, link tunggal tadi akan mengalihkan pengunjung ke laman Linktree yang memuat tautan-tautan ke berbagai platform digital si pemilik akun.

Ilustrasi link tunggal di bio akun Instagram yang mengalihkan pengunjung ke laman Linktree berisi tautan ke berbagai platform digital pemilik akun Linktree Ilustrasi link tunggal di bio akun Instagram yang mengalihkan pengunjung ke laman Linktree berisi tautan ke berbagai platform digital pemilik akun
 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menariknya, tool ini bisa digunakan secara cuma-cuma meskipun ada pula beberapa fitur tambahan seperti menjadwalkan link, SMS link, newsletter e-mail, dan tautan prioritas hanya bisa diakses jika membayar biaya langganan sebesar Rp 49.000.

Nah, untuk memuat beberapa tautan di bio Instagram dengan Linktree, silakan ikuti langkah-langkah yang dirangkum oleh KompasTekno berikut ini.

Cara membuat link Linktree di Instagram

Pertama, buka situs web Linktree di tautan berikut. Kemudian, buat akun Linktree dengan mengisi alamat e-mail, nama, dan password. Selanjutnya, pilih paket yang dibutuhkan apakah gratis atau berbayar.

Setelah akun diverifikasi, klik "add new link", lalu isi nama situs web dan tempelkan (paste) tautan yang diinginkan. Untuk menambahkan tautan lain, cukup klik lagi "add new link".

Baca juga: Trik Rahasia Download Foto dan Video Instagram lewat Telegram

Terakhir, ketuk "share" yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih "copy myLinktree URL". Setelah itu, paste tautan Linktree ke bio Instagram. Carannya, buka profil akun Instagram > profil > klik kolom bio lalu tempelkan tautan Linktree.

Cara membuat tautan Linktree untuk ditempel di bio InstagramKompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara membuat tautan Linktree untuk ditempel di bio Instagram

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.