Cara Mencari Masjid Terdekat Menggunakan Google Maps

Kompas.com - 14/04/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi Google Maps menampilkan Masjid Istiqlal. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi Google Maps menampilkan Masjid Istiqlal.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Ketika sedang berada di luar rumah, masjid atau mushala biasanya menjadi tempat yang dicari umat muslim yang ingin menunaikan ibadah shalat.

Namun, ketika berada di tempat yang asing atau baru dikunjungi, lokasi masjid akan lebih sulit untuk dicari.

Nah, kini pengguna smartphone bisa mencari letak masjid atau mushala yang paling dekat dengan lokasinya saat ini melalui Google Maps.

Tak hanya mencari, aplikasi tersebut juga bisa langsung mengarahkan pengguna ke masjid atau mushala yang diinginkan. Caranya pun cukup mudah.

Baca juga: Aplikasi Jadwal Shalat dan Buka Puasa Ramadhan 2021 untuk Android dan iPhone

Cara mencari kedua tempat tersebut terbilang cukup mudah. Pertama-tama, buka aplikasi Google Maps dan ketikkan kata "masjid" atau "mushala" di kolom pencarian bertuliskan "Search here". Lalu, klik tombol "Search" pada tampilan keyboard.

Cara mencari masjid atau musholla terdekat di area pengguna.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mencari masjid atau musholla terdekat di area pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, pengguna akan diperlihatkan tampilan peta yang sudah ditandai dengan sejumlah masjid atau mushala terdekat, lengkap dengan nama, jarak, gambar, serta ulasannya.

Setelah itu, pengguna bisa langsung memilih tempat ibadah yang ingin dikunjungi dan lantas meng-klik tombol "Directions" dan "Start" agar langsung diarahkan ke tempat tersebut.

Apabila jaraknya dekat, rute navigasi yang ditampilkan akan diatur ke rute pejalan kaki.

Namun, mereka bisa memilih rute perjalanan dengan kendaraan pribadi macam motor atau mobil, atau moda transportasi umum apabila masjid atau mushala yang ingin dituju berjarak jauh.

Pencarian masjid terdekat menggunakan fitur Google Assistant.KOMPAS.com/Bill Clinten Pencarian masjid terdekat menggunakan fitur Google Assistant.

Selain menggunakan Google Maps, pencarian masjid atau mushala terdekat juga bisa mengandalkan layanan pemandu suara bikinan Google, yaitu Google Assistant.

Baca juga: Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 untuk iOS dan Android

Layanan ini bisa dimunculkan dengan mengucapkan "Ok, Google", menekan tombol home, atau memencet tombol fisik Google Assistant yang biasanya berada di sisi bingkai ponsel.

Apapun caranya, pengguna bisa mengucapkan kata "masjid" atau "mushala" ketika tampilan utama Google Assistant muncul, sebagaimana gambar pertama pada ilustrasi di atas.

Kemudian, pengguna akan ditampilkan dengan hasil pencarian masjid atau mushala terdekat dan mereka bisa memilih salah satu yang paling dekat dengan lokasi mereka, atau yang ingin dikunjungi.

Terakhir, klik tombol "Rute" untuk beralih ke aplikasi Google Maps dan melakukan navigasi ke tempat tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X