Aplikasi Jadwal Shalat dan Buka Puasa Ramadhan 2021 untuk Android dan iPhone

Kompas.com - 13/04/2021, 20:16 WIB
Ilustrasi shalat ShutterstockIlustrasi shalat

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Agama RI (Kemenag RI) telah menetapkan 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada hari Selasa (13/4/2021). Dengan demikian, umat Muslim di Indonesia sudah mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan yang pertama terhitung mulai hari ini.

Selama bulan Ramdhan 2021, umat Muslim pasti berkeinginan untuk meningkatkan kualitas ibadah mereka sambil tetap melakukan rutinitas sehari-hari. Misalnya, menjalankan shalat lima waktu secara tepat waktu.

Untuk itu, tidak ada salahnya bila umat Muslim memiliki aplikasi yang dapat menyediakan informasi soal jadwal lengkap shalat lima waktu sehingga dapat mendirikan shalat tepat waktu.

Baca juga: Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 untuk iOS dan Android

Tak hanya itu, aplikasi jadwal shalat ini juga sekaligus akan menyediakan informasi waktu berbuka puasa bagi penggunanya. Hal ini karena waktu berbuka puasa bertepatan dengan waktu masuknya shalat Magrib.

Baik di Android ataupun iOS, ada beberapa aplikasi yang bisa diunduh pengguna untuk mengetahui jadwal shalat dan waktu berbuka puasa selama Ramadhan 2021.

Berbagai aplikasi ini akan bermanfaat ketika pengguna sedang melakukan puasa di kala rutinitas sehari-hari yang padat.

Misalnya, pengguna bisa dengan praktis mengecek jadwal shalat lima waktu setiap harinya, dimanapun dan kapanpun, yakni cukup dengan membuka aplikasi di smartphone saja.

Beberapa dari aplikasi juga memiliki fitur lain seperti bacaan zikir shalat dan surah-surah Al-Quran. Dengan demikian, fitur ini juga bisa menjadi penunjang ibadah bagi umat Muslim.

Berikut beberapa aplikasi jadwal imsakiyah Ramadhan 2021 yang tersedia di perangkat Android dan iOS.

Aplikasi Jadwal Shalat dan Buka Puasa Ramadhan 2021 di Android

1. Aplikasi Usholli - Jadwal Sholat Kemenag RI

Aplikasi Usholli untuk mengetahui jadwal shalat dan waktu berbuka puasa di ponsel Android.Google Play Store Aplikasi Usholli untuk mengetahui jadwal shalat dan waktu berbuka puasa di ponsel Android.

Untuk mengetahui jadwal shalat dan waktu berbuka puasa selama bulan Ramadhan 2021, umat Muslim Indonesia bisa menjadikan aplikasi Usholli - Jadwal Sholat Kemenag RI sebagai salah satu pilihan.

Aplikasi yang dikembangkan oleh "Mr. Habibi" ini telah mendapatkan penilaian 4,8/5 di Play Store dan bisa diunduh melalui tautan berikut.

Dalam deskripsi aplikasinya, aplikasi Usholli ini meyediakan jadwal shalat dengan data yang diambil dari situs resmi Kemenag RI. Aplikasi ini juga disebutkan tidak memuat iklan.

Adapun fitur-fitur yang disajikan dalam aplikasi Usholli meliputi jadwal imsak dan jadwal shalat lima waktu meliputi lebih dari 30 provinsi dan lebih dari 500 kota di seluruh Indonesia.

Terapat macam-macam notifikasi yang bisa diatur pengguna untuk masing-masing waktu shalat, seperti tidak ada, diam, getar, default, takbir, atau azan. Aplikasi Usholli juga memiliki fitur pengingat yang bisa diatur lima hingga 30 menit menjelang waktu shalat.

Baca juga: Cara Menentukan Arah Kiblat dengan Google Earth

Lalu ada pula fitur kompas untuk menentukan arah kiblat hingga peta masjid terdekat menggunakan Google Maps. 

2. Aplikasi Jadwal Sholat, Kiblat dan Azan

Tampilan aplikasi Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan di ponsel Android, yang juga bisa digunakan untuk melihat jadwal imsakiyah Ramadan 2021.Google Play Store Tampilan aplikasi Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan di ponsel Android, yang juga bisa digunakan untuk melihat jadwal imsakiyah Ramadan 2021.
Pengguna Android bisa menjadikan aplikasi Jadwal Sholat, Kiblat dan Azan sebagai pilihan lain. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X