BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Samsung

Ini 5 Fitur Unggulan Galaxy Z Fold3 untuk Kelancaran Multitasking dan Produktivitas

Kompas.com - 17/08/2021, 09:32 WIB
Samsung Galaxy Z Fold3 5G. (DOK. Samsung).Samsung Galaxy Z Fold3 5G.

KOMPAS.comPonsel lipat atau foldable teranyar Galaxy Z Fold3 5G resmi diperkenalkan Samsung pada Rabu (11/8/2021). Smartphone ini dibekali teknologi layar lipat dan form factor teranyar, serta fitur terkini perangkat foldable.

Kecanggihan fitur dan spesifikasi mumpuni Galaxy Z Fold3 5G bahkan mampu mendukung aktivitas multitasking dan meningkatkan produktivitas para profesional.

Layar lapang berukuran 7,6 inci dengan teknologi Infinity Flex Display yang diusung Galaxy Z Fold3 memberikan ruang lebih luas bagi pengguna untuk berkreasi. Keunggulan ini makin lengkap dengan kehadiran Samsung S Pen yang dapat menunjang produktivitas serta kreativitas penggunanya.

Sebagai informasi, Galaxy Z Fold3 menjadi smartphone pertama pada seri Galaxy Z yang dibekali teknologi S Pen dan sudah dioptimalkan untuk layar foldable.

Lalu, apa saja aktivitas multitasking yang bisa dilakukan dengan Galaxy Z Fold3? Simak ulasannya berikut.

1. Buka tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Galaxy Z Fold3 memiliki fitur Multi-Active Window yang memungkinkan pengguna melakukan beberapa aktivitas sekaligus dalam satu layar. Jadi, pengguna dapat membuka aplikasi YouTube di satu sisi layar dan membuat catatan di sisi yang lain.

Kamu juga bisa melakukan aktivitas multitasking lainnya melalui fitur tersebut, seperti menonton video sambil melihat foto dan mengirim email saat menelusuri berita di internet. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah dengan menyeret aplikasi dari taskbar ke layar.

Kamu pun bisa menjalankan tiga aplikasi sekaligus dan menyesuaikan ukurannya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Selain itu, cover screen di bagian depan Galaxy Z Fold3 mampu menunjang sejumlah fungsi dan menampilkan beragam hal, mulai dari menampilkan informasi cuaca terkini, jadwal, hingga akses ke Samsung Pay.

2. Kemudahan mengatur aplikasi

Galaxy Z Fold3 sudah dibekali fitur Drag and Drop. Fitur ini memudahkan pengaturan tampilan aplikasi saat kamu membuka tiga aplikasi sekaligus.

Pengguna bisa mengatur ketiganya secara bersamaan dengan mudah, seperti dua aplikasi di layar kiri atau bawah, dan satu aplikasi di bagian kanan atau atas, serta sebaliknya.

Selain mengatur aplikasi di layar, fitur Drag and Drop juga bisa digunakan untuk menyalin konten, seperti gambar atau teks antar-aplikasi secara praktis.

Metode penyalinan yang digunakan pun bukan metode konvensional atau copy-paste. Pengguna hanya perlu menyeret teks atau gambar yang sudah dipilih dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang sedang dibuka.

Misalnya, kamu ingin menyalin informasi saat membuka YouTube, SMS, dan Gmail secara bersamaan. Untuk menyalin informasi yang ada di dalam aplikasi Gmail ke SMS, kamu hanya perlu menyeleksi dan menyeret teks atau gambar dari jendela dua aplikasi tersebut.

Cara tersebut lebih praktis karena kamu tidak perlu memilih menu Copy saat menyalin atau Paste saat menempel.

3. Beralih ke aplikasi lain lebih cepat

Fitur lain dari Galaxy Z Fold3 yang menunjang fungsi multitasking adalah kehadiran taskbar yang sudah diperbarui. Taskbar di sisi kanan smartphone ini memiliki tampilan layaknya bilah tugas pada Windows.

Kehadiran taskbar memungkinkan pengguna beralih antar-aplikasi dengan cepat sehingga tak perlu kembali ke layar utama.

4. Fitur mumpuni untuk kenyamanan aktivitas di layar lipat

Salah satu fitur andalan smartphone lipat Samsung adalah Flex Mode Panel. Fitur ini membuat pengguna bisa memanfaatkan fleksibilitas layar lipat sesuai kebutuhan dan kreativitas.

Misalnya, saat kamu hendak menonton film, kamu tinggal mengaktifkan Flex Mode dan menekuk layar membentuk sudut 75-115 derajat. Kemudian, Flex Mode akan menempatkan video di bagian atas layar dan panel kontrol, seperti volume dan tingkat kecerahan layar, di bagian bawah layar.

Contoh lain saat kamu melakukan video call, layar atas akan menampilkan panggilan video dan layar bawah akan menampilkan kontrol panggilan, seperti merekam suara dan memutus telepon.

5. Lebih kreatif dan produktif dengan S Pen

Kehadiran S Pen yang punya banyak fungsi juga membuat pengguna Galaxy Z Fold3 mampu lebih kreatif dan produktif.

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas dengan S Pen, mulai dari menggambar pola, mengedit dokumen, berkirim pesan menjadi lebih lancar dan intuitif, menulis catatan sambil melakukan panggilan video, hingga memeriksa to-do list saat membaca email.

Ilustrasi orang sedang menggunakan S Pen pada Galaxy Z Fold3. (DOK. Samsung). Ilustrasi orang sedang menggunakan S Pen pada Galaxy Z Fold3.

Selain itu, kehadiran fitur S Pen to Text melengkapi fungsi alat canggih tersebut. Alat ini mampu menyempurnakan tulisan hanya dengan melakukan gerakan sederhana bila harus membuat catatan dalam waktu yang sangat cepat.

Sebagai informasi, S Pen untuk Galaxy Z Fold3 hadir dalam dua varian, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro. Perbedaan keduanya terletak pada aspek konektivitas dan tambahan perangkat yang didukung.

Seperti namanya, S Pen Fold Edition hanya bisa digunakan di Galaxy Z Fold3 dan tidak dibekali konektivitas Bluetooth. Walau begitu, stylus ini mendukung fitur navigasi Air Command.

Sementara itu, S Pen Pro dibekali dengan konektivitas Bluetooth dan mendukung berbagai perangkat Samsung lain, seperti Galaxy 21 Ultra, Galaxy Tab, dan Galaxy Note Series.

Kedua, S Pen tersebut dibekali dengan pro tip yang lebih lembut dan force limit technology untuk melindungi layar dari tekanan berlebih dengan latensi rendah.

Kamu bisa mendapatkan Galaxy Z Fold3 beserta kecanggihan fitur dan spesifikasinya dengan harga Rp 24.999.000 untuk varian RAM 12 GB dan kapasitas penyimpanan 256 GB. Sementara, untuk varian RAM 12 GB dan kapasitas penyimpanan 512 GB, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 26.999.000.

Smartphone lipat teranyar Samsung itu memiliki beragam pilihan warna, yakni Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Untuk mendapatkan penawaran khusus hingga Rp 5.239.000, kamu bisa melakukan preorder di www.galaxylaunchpack.com, Indosat Gallery, dan XL Center sampai 29 Agustus 2021. Penawaran tersebut terdiri dari proteksi Samsung Care+ selama satu tahun, e-voucher Rp 1.500.000 untuk pembelian aksesori di Samsung e-Store, dan cashback dari bank tertentu hingga Rp 1.000.000.

Selain itu, tersedia juga program buy-back sebesar 60 persen untuk pembelian smartphone foldable seri berikutnya di tahun depan. Kamu juga bisa menikmati program cicilan 0 persen sampai 24 bulan melalui Bank Mandiri, BRI, Panin Bank, Citibank, HSBC, BCA, Maybank, BNI, DBS, CIMB Niaga, OCBC, Standard Chartered, dan Bank Mega.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Samsung Galaxy Z Fold3 5G, kamu bisa mengunjungi laman www.samsung.com/id/.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.