iPhone 13 Punya Fitur Telepon Satelit, Bisa "Halo-halo" Tanpa Sinyal 4G?

Kompas.com - 31/08/2021, 12:19 WIB
Ilustrasi iPhone 13. MacRumorsIlustrasi iPhone 13.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Bocoran iPhone 13 terus mengalir di dunia maya. Kabar terbaru menyebut bahwa iPhone 13 akan dapat melakukan panggilan telepon dan SMS meski tidak terhubung dengan jaringan 4G ataupun 5G.

Analis kenamaan yang kerap memprediksi produk Apple dengan tepat, Ming-Chi Kuo, mengatakan iPhone 13 akan dibekali dengan telepon satelit.

iPhone 13 konon akan dibekali dengan hardware yang bisa tersambung dengan satelit low earth orbit (LEO). Bocoran ini diungkapkan Kuo dalam sebuah catatan kepada para investor.

Dengan kemampuan ini, pengguna masih dapat berkomunikasi meski berada di daerah terpencil yang belum tercakup jaringan seluler.

Untuk dapat terhubung ke satelit LEO, Kuo menyebut Apple bakal menggunakan chip modem Qualcomm X60 yang telah disesuaikan.

Apple juga diprediksi akan bekerja sama dengan penyedia layanan komunikasi satelit Globalstar untuk menyediakan layanan telepon satelit ini.

Baca juga: Kapan iPhone 13 Rilis dan Mulai Dijual, Ini Bocoran Jadwal dan Harganya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, deretan iPhone 13 akan bisa menikmati layanan LEO asalkan operator seluler yang digunakan telah bekerja sama dengan Globalstar.

Artinya, apabila pengguna menggunakan operator seluler yang tidak bekerja sama dengan Globalstar, bisa saja mereka tidak bisa memanfaatkan telepon satelit ini meski perangkatnya mendukung.

Jadi tren baru?

Ilustrasi dummy empat model iPhone 13.Twitter/SonnyDickson Ilustrasi dummy empat model iPhone 13.
Layanan komunikasi via satelit LEO bisa menjadi tren baru di dunia smartphone dan Kuo menyebut Apple sangat "optimis" terkait tren tersebut.

Sebab, Apple disebut ingin penggunanya di masa depan tak perlu mengkhawatirkan jangkauan operator seluler dan internet ketika mereka bepergian ke suatu tempat.

Halaman:


Sumber MacRumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.